Perdarahan, 2 minggu seletah berhubungan di masa subur, apakah hamil ?

YN Info Penanya: YN, Wanita, 29 Tahun
Dokter saya berhubungan dengan suami saya saat masa subur,2 minggu setelah berhubungan yang terakhir saya keluar darah awalnya sedikit setelah 1 hari kemudian banyak apakah saya hamil atau tidak.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, YN.

Perdarahan yang terjadi 2 minggu setelah berhubungan dapat disebabkan oleh perdarahan implantasi, perdarahan diluar siklus haid, perdarahan haid dengan siklus yang maju, atau bahkan keguguran pada awal kehamilan. Hal ini dapat bergantung juga pada seberapa banyak volume darah yang dikeluarkan.

Jika volume darah yang dikeluarkan cenderung sedikit, berupa flek kecoklatan atau merah dan durasinya tidak lama, dapat berupa perdarahan implantasi. Durasii umumnya berkisar antara 1 hingga 3 hari.

Sedangkan jika darah yang dikeluarkan menjadi banyak dapat berupa kondisi keguguran. Keguguran juga umumnya disertai dengan gumpalan-gumpalan jaringan yang menyerupai daging dan berwarna merah pekat hingga kehitaman. Tingakatan dari kondisi keguguran dapat ringan dan kandungan masih bisa dipertahankan, dapat pula lebih berat sehingga dapat membahayakan keadaan kandungan.

Untuk memastikan perdarahan yang Anda alami berupa apa, Anda perlu melakukan pemeriksaan test pack saat ini dan diulang kembali satu minggu kemudian. Jika kedua hasil test pack negatif maka mungkin perdarahan yang dialami berupa gangguan pada haid. Akan tetapi jika test pack samar atau bahkan posotif ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter Kandungan untuk dilakukan pemeriksaan USG guna melihat keadaan rahim Anda.

Untuk sementara hindari aktivitas yang berlebih dan perbanyaklah istirahat.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Posisi Plasenta yang tidak pada tempatnya dapat membahayakan nyawa Anda dan janin

Waspadalah, Kelainan Posisi Plasenta Ini Bisa Bahayakan Nyawa Anda!

Kelainan posisi plasenta pada saat kehamilan, seperti plasenta previa, dapat membahayakan nyawa Anda dan janin. Kondisi ini, plasenta menempel di dinding rahim bagian bawah. Akibatnya, leher rahim yang merupakan jalan lahir pun akan tertutup.