28 May 2020, 01:07Kandungan

Belum hamil setelah lepas KB, solusinya bagaimana?

AF
Info Penanya: AF, Wanita, 27 Tahun
Dok ,tahun 2015 saya KB suntik 3 bulan dan di bulan Desember 2019 saya lepas KB setelah itu menstruasi saya pun normal tapi saya sampe sekarang belum hamil2 , kira2 gimana solusinya dok ?
11359 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat malam, AF.KB atau Keluarga Berencana adalah program pemerintah untuk mengendalikan jumlah populasi, dimana pasangan suami istri diminta merencanakan jumlah dan jarak anak. Metode yang mendukung program tersebut dinamakan kontrasepsi.Ada dua jenis kontrasepsi yang dikenal, yaitu alami dan buatan. Salah satu kontrasepsi buatan yang sering menjadi pilihan pasangan suami istri adalah suntik. Pasalnya, suntik tergolong praktis, tidak seperti pil yang harus diminum setiap hari. Selain itu, suntik juga tidak dengan memasukkan suatu alat ke tubuh seperti implan atau IUD.Tetapi, walaupun praktis, suntik mengandung hormon sehingga dapat menyebabkan efek samping. Suntik yang Anda gunakan (3 bulan) mengandung hormon progesteron sintetik, sehingga menyebabkan perubahan produksi hormon alami tubuh. Ketika berhenti menggunakan suntik, butuh waktu agar tubuh kembali ke hormon normalnya.

Pola Hidup Sehat untuk Hormon Seimbang

Oleh karena itu, jika Anda sekarang belum hamil, kemungkinan efek pasca penggunaan kontrasepsi tersebut. Anda dapat mencoba melakukan pola hidup sehat agar hormon lebih cepat kembali normal, dengan cara:
  • Mengonsumsi cukup buah, sayur, dan protein
  • Minum air putih yang cukup
  • Tidur yang cukup, 7-8 jam per hari
  • Rutin berolahraga
  • Kendalikan tingkat stres, bisa dengan melakukan meditasi atau yoga
Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan jika memerlukan informasi lebih lanjut. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr. Sylvia
penggunaan kbmakanan untuk hamilkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil