Masa tidak subur untuk menunda kehamilan, kapan waktunya ?

DA Info Penanya: DA, Wanita, 21 Tahun
Hi dokSaya mau bertanya??Waktu berhubungan intim yang aman agar tidak terjadi kehamilan itu 2 hari sebelum menstruasi atau 1 hari setelah menstruasi berakhir??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, DA.

Masa tidak subur adalah masa dimana kemungkinan kehamilan menjadi lebih kecil atau bahkan sangat kecil. Umumnya masa tidak subur ini dijadikan perhitungan kalender kontrasepsi alami bagi pasangan suami istri yang sedang menunda kehamilan.

Mengenai pertanyaan Anda tentang masa tidak subur, seperti yang telah dijelaskan pada pertanyaan forum yang Anda tanyakan sebelumnya, masa tidak subur berarti masa diluar masa subur. Dapat Anda menghitung dari hari pertama haid Anda, pada hari ke-19 dan selanjutanya, sampai dengan hari menuju haid kembali, itulah masa tidak subur. Masa tidak subur lebih panjang daripada masa subur, sehigga yang perlu diketahui pada dasarnya adalah masa subur dan jika Anda ingin menunda kehamilan maka dapat berhubungan di luar masa subur tersebut.

Untuk masa subur, umumnya pada wanita dengan siklus menstruasi 28 hari, jatuh pada 12-14 hari sebelum hari pertama haid selanjutnya, yang rata-rata terjadi pada hari ke-10 hingga hari ke-17 jika dihitung dari hari pertama haid terakhir. Sedangkan puncak masa subur, umumnya jatuh di hari ke-13 atau 14 diantara masa subur tersebut.

Untuk contoh perhitungannya pada waktu haid Anda, dapat diamati kembali pada jawaban pertanyaan forum Anda sebelumnya.

Keterarangan lebih lanjut bisa Anda dapatkan dari dokter Spesialis Kandungan ataupun Anda dapat mendatangi bidan terdekat untuk membantu Anda menghitung lebih mendetail secara langsung.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Rambutan untuk ibu hamil ternyata menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan.

Manfaat dan Efek Samping Rambutan untuk Ibu Hamil

Buah rambutan bisa menjadi pilihan kudapan menyegarkan bagi ibu hamil. Selain itu, manfaat rambutan untuk ibu hamil juga beragam. Namun, hati-hati juga dengan efek sampingnya, ya!