Apakah kehamilan saya normal?

LR Info Penanya: LR
Saya LR 25 tahun Saya sekarang sedang hamil usia 6 minggu tapi dalam USG janin saya belum terlihat, hanya terlihat kantung yg kosong. Apakah ini normal ya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang LR

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

kehamilan merupakan suatu kondisi yang dinantikan oleh hampir seluruh pasangan suami isri. Tanda pasti dari kehamilan adalah tes kehamilan positif, pemeriksaan fisik diagnostik oleh dokter, serta hasil dari pemeriksaan USG kehamilan oleh dokter spesialis kandungan.

Pada usia kehamilan muda, saat dilakukan USG kehamilan biasanyahanya terlihat kantung kehamilan atau Gestasional Sac (GS). Gestasional sac ini dapat dilihat sejak usia kehamilan 5 minggu. GS ini nantinya akan berisi oleh janin dan cairan amnion (ketuban). Bila dalam usia kehamilan lebih dari 8 minggu namnun GS masih kosong, bisa disebabkan oleh kondisi medis tertentu seperti blighted ovum

Terkait dengan pertanyaan Anda, usahakan Anda tetap menjaga pola makan dengan gizi yang seimbang, mencukupi kebutuhan cairan harian Anda, lakukan olahraga ringan agar badan bugar, hindari kelelahan dan istirahat cukup, jaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar.

Segera periksakan kembali ke dokter spesialis kandungan untuk dilakukan USG kehamilan dan pemeriksaan penunjang lainnya untuk mengetahui kondisi Anda, serta dapat diberikan tatalaksana yang sesuai.

 

Salam sehat,
dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala umum pada kanker ovarium adalah perut kembung.

10 Gejala Kanker Ovarium yang Sering Tak Disadari

Gejala kanker ovarium seringkali tidak disadari oleh wanita, hingga menyebabkan kondisi tersebut semakin gawat. Namun, ada beberapa gejala kanker ovarium yang dapat dirasakan secara umum seperti perut kembung, nyeri perut, siklus menstruasi yang abnormal hingga sakits saat behubungan seksual.