Apakah sudah terlambat haid dan apakah hamil?

RR Info Penanya: RR
Dok..mau nnya sya haid tgl 8-15 itu udh telat brpa hari y dok..? Trs sya tespack hsil ny ttep ngtif trs.. Gmna ya dok..sya.pgin hamil dok.. Ksih solusiny dok..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore RR,

Terlambat haid adalah kondisi ketika siklus menstruasi lebih lambat dari siklus biasanya, normalnya siklus menstruasi sendiri bisa 21-35 hari sekali. Jika bulan kemarin haid di tanggal 8 April dan bulan ini belum juga haid, bisa terlambat hampir 2 minggu jika siklus haid Anda adalah 28 hari.

Terlambat haid sendiri tidak selalu karena kehamilan, ada beragam penyebab lain yang bisa membuat siklus tidak teratur sehingga bisa membuat siklus menstruasi terlambat. Penyebabnya seperti gangguan hormonal, masalah organ reproduksi seperti PCOS, stres fisik atau mental, masalah kesehatan dan penyebab lainnya.

Cara agar cepat hamil

Apabila ingin cepat hamil, ada yang perlu diperhatikan seperti diantaranya:

  • Memperhatikan kapan masa subur 
  • Melakukan hubungan seksual lebih sering saat masa subur
  • Upayakan menjaga pola hidup sehat agar organ reproduksi bisa lebih subur
  • Mengonsumsi makanan yang bernutrisi terutama kaya vitamin E, asam folat, zinc, vitamin C, vitamin D untuk meningkatkan kesuburan
  • Olahraga teratur dan jaga berat badan ideal
  • Perhatikan stres dan kelola dengan baik

Jika sudah lebih dari 1 tahun mencoba tapi belum juga hamil, maka perlu dilakukan pemeriksaan kesuburan baik Anda dan juga suami untuk diketahui apa permasalahannya. Baru nantinya ditentukan penanganan dan program hamil yang sesuai. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengetahui periode ovulasi merupakan awalan yang tepat dalam proses kehamilan

Memahami Bagaimana Alur Proses Kehamilan Berlangsung

Beberapa fase dalam proses kehamilan, di antaranya: ovulasi, penebalan lapisan rahim, perjalanan sel telur, vpembuahan sel telur oleh sperma, implantasi,dsb