Hamil 40 minggu belum ada lendir dan darah yang keluar, bagaimana ?

IA Info Penanya: IA, Wanita, 1 Tahun
Dok saya mau tanya saya hamil 40weeks blm jga keluar lendir dan darah.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, IAA.

Kehamilan 40 minggu merupakan usia kehamilan trimester tiga akhir yang biaanya telah bersiap menuju persalinan. Pada umumnya persalinan terjadi pada usia 38-40 minggu. Namun ada pula persalinan pada usia kehamilan melebihi 40 minggu, yang selambat-lambatnya terjadi pada 10 bulan lebih dua minggu atau memasuki 42 minggu.

Adapun beberapa faktor penyebab kehamilan yang belum lahir pada usia 40 minggu, diantaranya adalah :

Terkait dengan keluhan yang Anda alami, pada dasarnya waktu persalinan tidak harus tepat dengan hari perkiraan lahir (HPL). Karena HPL yang dihitung oleh dokter Kandungan umumnya mengacu pada 40 minggu, maka persalinan yang terjadi pada 3 minggu lebih awal ataupun 2 minggu dari HPL masih dalam batas nomal. Maka dari itu Anda masih belum perlu untuk khawatir, dan Anda dapat melakukan tips berikut untuk membantu mempercepat datangnya persalinan.

Berikut beberapa cara untuk membantu mempercepat datangnya persalinan dianataranya adalah :

  • melakukan jalan kaki lebih banyak
  • melakukan senam hamil
  • memberikan rangsangan pada puting susu agar memicu kontraksi
  • berhubungan intim dengan suami
  • beristirata dengan cukup
  • mempelajari manajeman stres dan pengendalian kecemasan 

Jika perlu Anda dapat memeriksakan diri ke dokter Kandungan secara langsung untuk mengetahui keadaan janin dan rahim Anda lebih lanjut.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Nafsu makan meningkat dari segi porsi ataupun jenis makanan yang dimakan dapat menjadi suatu tanda dari adanya kondisi medis tertentu

7 Penyebab Nafsu Makan Meningkat yang Mungkin Anda Alami

Nafsu makan meningkat terkadang bukan merupakan sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Namun apabila nafsu makan meningkat terus-menerus muncul atau makin parah, Anda mungkin mengalami suatu kondisi medis tertentu, seperti diabetes, hipertiroidisme, dan sebagainya.