Apa mengangkat barang berat pasti keguguran?

SP Info Penanya: SP
Dok saya barusaja tespek dan hasil nya positif tapi jika keesokan harinya saya mengangkat barang-barang yg berat apa saya akan keguguran dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SP.

Kehamilan adalah hal yang menjadi dambaan bagi keluarga yang sudah menikah. Setelah seorang wanita menjalani kehamilan kurang lebih 40 minggu, pasangan suami istri akan mendapat momongan yang melengkapi keluarga. Oleh karena itu, ketika seorang wanita mengetahui bahwa dirinya hamil, ia akan menjaga diri dan janinnya dengan sebaik mungkin.

Sedangkan keguguran adalah kondisi ketika janin tidak bisa mempertahankan dirinya di rahim dan keluar melalui liang vagina sebelum 20 minggu. Kondisi keguguran bisa disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya kelainan bentuk rahim, penggunaan obat-obatan tertentu, kurangnya nutrisi ibu, kelelahan berat, maupun penyakit bawaan.

Terkait pertanyaan Anda, perlu diketahui dulu seberapa berat barang yang Anda bawa, seberapa sering frekuensi Anda melakukannya, dan bagaimana kondisi sebelum hamil Anda (misalnya Anda dulu adalah binaragawati yang sanggup mengangkat barbel seberat 50 kg). Jika Anda tidak terbiasa mengangkat benda berat dan melakukan hal ini tiap hari, maka Anda bisa kelelahan dan mengalami gangguan hormon, yang berujung pada keguguran. Tetapi, jika hanya sekali dan benda tersebut masih tergolong ringan bagi Anda, mudah-mudahan akan baik-baik saja.

Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengetahui kondisi kehamilan Anda lebih lanjut. Ke depannya, sebaiknya Anda tidak lagi melakukan aktivitas yang membuat Anda sendiri ragu apakah boleh atau tidak. Selain itu, selalu konsumsi makanan bergizi dan minum air putih yang cukup, ya.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ibu hamil tidak akan menularkan COVID-19 pada janin

Mungkinkah Ibu Hamil Menularkan Virus Corona kepada Janin?

Kekhawatiran akan kasus COVID-19 juga dirasakan oleh ibu hamil. Tak sedikit yang berpikir bahwa COVID-19 mungkin dapat menyerang janin di kandungannya.