Apa bisa hamil bila suntik KB?

IK Info Penanya: IK
Dok saya suntik kb tgl 27 pas tgl 26 kalau seumpamanya berhubungan sam suami apakah bisa hamil.pas mlem nya suntik kb tgl 27 itu.saya tgl 27 haid dapat 6 bari sudah habis pas lngsung brhungn apakah bisa hamil
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang IK,

Suntik KB adalah salah satu metode kontrasepsi yang banyak dipakai oleh pasangan yang ingin menunda momongan selain pil KB dan kondom.

Perihal bisa tidaknya hamil, maka perlu diketahui bahwa metode kontrasepsi tetap memiliki kemungkinan gagal dan terjadi kehamilan sekitar 1-3%.

Kehamilan bisa terjadi bila Anda berhubungan seksual di masa subur Anda. Pada wanita yang memiliki siklus haid 28 hari, maka masa ovulasi ada di sekitar hari ke 14 setelah hari pertama haid. Jadi bila berhubungan seksual 1 minggu sebelum atau setelah haid maka kemungkinan untuk hamil kecil, dengan syarat siklus haid Anda teratur.

Bila Anda ingin menunda kehamilan, sebaiknya selain menggunakan KB, Anda juga perlu :

  • Menghindari berhubungan seksual di masa subur.
  • Gunakan kondom saat berhubungan seksual.
  • Minum morning after pil setelah berhubungan seksual bila Anda terlambat suntik KB.

Bila Anda kurang yakin, Anda bisa melakukan tes pack bila sudah 7 hari terlambat haid. Anda juga bisa konsultasi dengan dokter kandungan perihal KB yang sesuai dengan Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gangguan makan pica bisa membuat seorang ibu hamil ingin makan sesuatu yang berbahaya dan tidak sehat

Ngidam Aneh pada Ibu Hamil, Mulai dari Makan Tanah hingga Detergen

Ngidam adalah hal yang biasa dialami oleh ibu hamil. Namun, jika seorang ibu hamil ingin makan sesuatu yang berbahaya dan tidak sehat, seperti tanah atau detergen, perlu dipahami bahwa itu bukanlah ngidam biasa. Gangguan pica terjadi saat ibu hamil ngidam untuk makan hal-hal yang tidak memiliki nilai nutrisi.