Siklus menstruasi 54 hari, apakah saya hamil?

JF Info Penanya: JF
Dok bila hari ini berhubungan sexual, namun tidak ejakulasi di dalam, lalu 2 hari setelah nya mens. di bulan depannya, padahal tidak ada hubungan sexual, tapi belum mens juga padahal siklus nya sudah 54 hari. apakah hamil dok? bagaimana kemungkinan hamil nya dok? padahal sejak terakhir yang berhububgan sexual itu, sudah mens.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, JF

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Hampir setiap pasangan menantikan kehamilan. Kehamilan bisa terjadi apabila sperma bertemu dengan sel telur. Oleh karena itu perlu dilakukan ejakulasi di dalam organ reproduksi wanita agar mempermudah bertemunya sel terlur dengan sperma. Siklus menstruasi yang normal berkisar antara 21 - 35 hari. Rata-rata wanita memiliki siklus 28 hari. Cara menghitung siklus menstruasi dimulai dari hari pertama menstruasi bulan ini sampai dengan hari pertama menstruasi pada bulan depan. 

Adapun penyebab menstruasi tidak teratur adalah sebagai berikut:

  • Stres
  • Kelelahan fisik
  • Adanya masalah hormonal
  • Adanya masalah pada organ reproduksi wanita
  • PCOS
  • Penggunaan KB hormonal
  • Perubahan berat badan mendadak
  • Pola diet yang salah

Terkait dengan pertanyaan Anda, jika ejakulasi dilakukan diluar vagina maka kemungkian untuk terjadi kehamilan sangatlah kecil terlebih selang 2 hari kemudian Anda menstruasi. Jika saat ini Anda belum menstruasi kemungkinan bisa disebabkan oleh beberapa hal yang sudah disebutkan diatas. Jika Anda ragu, bisa melakukan tes kehamilan atau memeriksakan ke dokter spesialis kandungan terdekat terkait dengan keadaan Anda saat ini.

Pastikan Anda tetap menjaga kebersihan area kewanitaan, ganti pakaian dalam 2-3 kali sehari, konsumsi makanan bergizi, cukupi kebutuhan cairan harian, hindari stres dan istirahat cukup.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gairan seks saat hamil bisa meningkat karena peningkatan produksi estrogen

Wajarkah Jika Gairah Seks Saat Hamil Menjadi Tinggi?

Pernahkah Anda mengalami peningkatkan gairah seks saat hamil? Peningkatan tersebut biasanya disebabkan oleh beberapa faktor seperti level estrogen yang meningkat.