Apakah terlambat haid 4 hari tapi testpack negatif bisa ada kehamilan?

MY Info Penanya: MY, Wanita, 25 Tahun
Halo dok, sy udah telat haid 4 hari terus perut sy jg sering kram, kalo jalan jauh berada capeee bgtt, tapi barusan pas sy coba tespack hasilnya msh garis 1... Itu gmna y dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang MY,

Hasil testpack negatif adalah tidak terdeteksinya hormona HCG dalam urine yang menandakan tidak terjadi kehamilan. Jika terlambat haid baru 4 hari tetapi hasil testpack negatif maka belum tentu karena hamil. Bisa diulang pemeriksaannya dalam 2 minggu kedepan jika masih belum juga haid.

Jika sampai lebih dari 90 hari tidak haid maka perlu dilakukan pemeriksaan labdarah lain seperti pemeriksaan hormonal agar dipastikan penyebabnya. Bisa juga dilakukan pemeriksaan USG.

Beberapa penyebab terjadinya keterlambatan haid adalah:

  • Masalah hormonal
  • Masalah organ reproduksi seperti PCOS
  • Stres
  • Kelelahan
  • Efek penggunaan kontrasepsi
  • Penggunaan obat tertentu
  • Masalah kesehatan lain

Jadi kalau ada keluhan lain, bisa diperhatikan dulu karena bisa masih belum banyak hormon kehamilan yang diproduksi sehingga belum terdeteksi, perhatikan juga tanda awal kehamilan yang bisa timbul. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pembalut herbal mengandung campuran rempah berkhasiat yang disebut dapat membantu menstruasi lebih teratur

Diklaim Bermanfaat, Amankah Pembalut Herbal untuk Digunakan?

Meskipun normal, bau vagina ketika menstruasi dapat membuat tidak nyaman. Saat ini, sudah tersedia pembalut herbal dengan kelebihannya yang dapat menutupi bau tak sedap akibat darah menstruasi. Seberapa efektif dan amankah pembalut herbal?