Apakah payudara sakit dan mual pertanda hamil?

JM Info Penanya: JM, Wanita, 1 Tahun
Ass.... Dok sya mw bertanya... , saya trakhir haid tgl 21 bkn 3, dan di bln 4 ni sya blm haid jga,, tp payudara saya trsa sakit, sya sering mual2, apakh itu pertanda sya hamil...?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang JM,

Terlambat haid adalah salah satu tanda awal kehamilan. Terlebih jika sudah melakukan hubungan seksual secara aktif dan tidak menggunakan kontrasepsi. Selain terlambat haid beberapa tanda awal kehamilan lain diantaranya:

  • Mual dan muntah di pagi hari atau morning sickness
  • Payudara lebih sensitif, bisa disertai nyeri
  • Sensitif terhadap bau
  • Nyeri perut
  • Merasa mudah lelah
  • Perubahan suasana perasaan atau mood yang cepat

Untuk itu dapat dilakukan pemeriksaan awal kehamilan menggunakan alat tes kehamilan. Meskipun begitu tidak jarang gejala awal kehamilan ini mengecoh dengan gejala premenstruasi. 

Gejala premenstruasi atau Pre Menstrual Syndrome (PMS) juga bisa mengganggu aktivitas, untuk itu bisa diatasi dengan menjaga pola makan, olahraga rutin, batasi alkohol, makanan asin, atapun minuman berkafein, cukup istirahat, dan juga bisa konsumsi parasetamol jika nyeri payudara lebih hebat.

Jadi kalau sudah dilakukan pemeriksaan dan didapatkan hasil tes kehamilan negatif, dapat diulang dalam 2 minggu jika masih belum menstruasi. Tidak jarang terlambat menstruasi juga bisa terjadi karena beragam penyebab lain seperti gangguan hormonal, stres, perubahan berat badan, penggunaan KB dan lainnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hasil tespek positif hamil

Mungkinkan Melakukan Hubungan Seks saat Haid Menyebabkan Kehamilan?

Periode ovulasi setiap wanita berbeda-beda. Jika Anda memiliki siklus menstruasi lebih panjang, Anda masih tetap dapat hamil jika berhubungan seks saat menstruasi.