Kehamilan setelah haid apa mungkin?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 1 Tahun
Apa setelah haid lalu seminggu ato 10 hari berikut nya bisa hamil dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi FF,

Siklus haid seorang wanita idealnya berlangsung setiap 21-35 hari sekali dengan lama haid rata-rata 2-7 hari. Kondisi ini bisa mengalami perubahan bila hormon di dalam tubuh tidak seimbang. Kehamilan terjadi bila Anda berhubungan seksual di masa subur Anda.

Ciri-ciri Anda memasuki masa subur adalah:

  • Keluar keputihan dengan cairan berwarna putih bening dan encer, tidak gatal dan tidak berbau. Cairan ini berfungsi sebagai pelupas alami agar penis mudah masuk ke dalam vagina saat penetrasi.
  • Payudara terasa lebih sensitif dan nyeri saat disentuh.
  • Perubahan emosional, dan lebih sensitif.
  • Nyeri di sekitar perut bagian bawah.

Rata-rata siklus haid seorang wanita setiap 28 hari sekali, sehingga perkiraan masa subur ada di hari ke-14 setelah haid bulan sebelumnya. Dan bila berhubungan seksual di masa subur ini maka akan lebih besar kemungkinannya untuk hamil.

Lakukan pemeriksaan tes pack bila Anda sudah 7 hari terlambat haid, untuk melihat apa Anda sedang hamil atau tidak. Bila hasilnya samar, Anda bisa mengulang pemeriksaan tes pack yang kedua jarak 1 minggu setelah pemeriksaan tes pack yang pertama.

Lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan bila Anda ragu dengan hasilnya.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Saat hamil tubuh mengalami perubahan tertentu sehingga ada beberapa pantangan

Waspada! Inilah Hal yang Harus Anda Hindari saat Hamil

Ada beberapa pantangan yang harus dihindari oleh ibu hamil seperti, makanan dan minuman yang mengandung alkohol, pestisida, produk kecantikan, makanan kaleng.