Berhubungan seksual sebelum haid apa bisa hamil?

CC Info Penanya: CC, Wanita, 1 Tahun
Dok klw berhubungan sebelum haid itu akan hamil tida. Nih misalkan berhubungan mlm saptu malam senin nya haid. Akan hamil apa tida
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang CC,

Kehamilan terjadi saat sel telur bertemu dengan sperma, dan kemungkinan keberhasilan kehamilan ini semakin besar bila Anda berhubungan seksual di masa subur Anda.

Masa subur ini rata-rata 14 hari sebelum haid bulan berikutnya bila dianggap Anda memiliki siklus haid 28 hari. Namun masa subur ini bisa berubah-ubah bila siklus haid Anda tidak teratur.

Perihal kasus Anda, maka tidak mungkin hamil bila setelah berhubungan seksual Anda haid. Namun perlu diperhatikan darah yang keluar benar-benar darah haid atau bukan? Karena bisa saja darah yang keluar akibat iritasi serviks, polip rahim dll.

Bila Anda ingin menunda kehamilan, sebaiknya gunakan kondom saat berhubungan seksual atau gunakan KB untuk memperkecil risiko kehamilan.

Anda bisa memilih metode kontrasepsi seperti pil KB, suntik KB, pemasangan implan atau IUD. Lakukan konsultasi dengan dokter kandungan untuk pemilihan KB yang sesuai dengan kondisi Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gairan seks saat hamil bisa meningkat karena peningkatan produksi estrogen

Wajarkah Jika Gairah Seks Saat Hamil Menjadi Tinggi?

Pernahkah Anda mengalami peningkatkan gairah seks saat hamil? Peningkatan tersebut biasanya disebabkan oleh beberapa faktor seperti level estrogen yang meningkat.