Kenapa janin belum tampak?

SS Info Penanya: SS, Wanita, 1 Tahun
Mlm dok,Knpa ya dok saya hamil udah jalan 11 minggu tapi janin blom bisa kepegang???Saya hawatir dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SS,

Pertumbuhan janin membutuhkan waktu lama, dari mulai proses bertemunya sel telur dan sperma hingga janin tampak melalui USG paling cepat di usia kehamilan 5-6 minggu.

Kondisi tersebut bisa berbeda-beda, karena bisa saja salah menghitung atau mengingat HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir) , atau memang pertumbuhan janin yang agak terlambat. Sehingga dokter kandungan biasanya akan mengulang pemeriksaan saat usia kehamilan 8 minggu.

Selain itu tidak tampaknya janin bisa disebabkan oleh :

  • Hamil anggur.
  • Blighted ovum. Hanya tampak kantong kehamilan saat dokter kandungan melakukan USG.
  • Kehamilan diluar kandungan.

Dalam kasus Anda yang dimaksud janin belum terpegang saat usia kehamilan 11 minggu itu belum tampak saat USG atau perut belum tampak membesar?

Bila yang dimaksud perut belum tampak membesar, hal tersebut masih wajar, karena biasanya perut baru mulai tampak membesar saat usia kehamilan 3 bulan lebih. Dan tentunya tergantung juga kecukupan nutrisi yang ada.

Perbanyak konsumsi sayur dan protein, minum susu secara teratur, dan olahraga. Lakukan pemeriksaan berkala ke dokter kandungan untuk memastikan kehamilan Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Meski ibu hamil boleh makan daging kambing, tetapi hindari sate kambing karena tidak ada jaminan bagian dalam daging telah matang

Ibu Hamil Makan Daging Kambing? Boleh Saja, Kok!

Salah satu makanan yang dihindari oleh ibu semasa hamil adalah daging kambing. Bila bu hamil makan daging kambing, sebaiknya perhatikan betul apakah daging dimasak matang sempurna.