Apakah sperma yang keluar dari vagina dapat menyebabkan hamil?

S Info Penanya: S
Assalamu'alaikum dokSaya siti fSaya ingin bertanya dok, setelah selesai berhubungan saya tidak langsung bangun dari tempat tidur tp menunggu sampai 5 menit setelah cairan sperma dikeluarkan. Setelah itu saya bangun dan bersih-bersih. Setelah bersih-bersih sekitar 15 menitan keluar cairan dari vagina seperti cairan sperma. Apakah dengan keluarnya cairan itu masih bisa memungkinkan berhasilnya proses pembuahan dan memungkinkan saya untuk hamil dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi S,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Setelah berhubungan intim sperma yang telah masuk ke dalam vagina memang dapat mengalir keluar kembali. Hal ini di akibatkan karena gaya gravitasi dan memang bisa terjadi pada siapa saja. Kondisi ini tidak menyebabkan kesulitan untuk terjadinya kehamilan.

Karena sperma yang sehat mengandung 15-100 juta sel sperma per mililiternya, untuk terjadinya pembuahan diperlukan 1 sperma saja. Oleh karena itu tidak menjadi masalah jika sperma keluar setelah berhubungan intim.

Untuk meningkatkan terjadinya kehamilan, Anda dan suami dapat melakukan beberapa tips di bawah ini :

  • Lakukan hubungan intim pada masa subur
  • Beristirahat dan tidur yang cukup
  • Konsumsi makanan bergizi
  • Jangan terlalu lelah dan beraktivitas yang berat
  • Hindari konsumsi alkohol dan rokok
  • Olahraga teratur dan minimalisir stress

Jika Anda dan suami sudah melakukan hubungan intim secara rutin dan tanpa pengaman selama 1 tahun dan belum mengalami kehamilan. Maka sebaiknya konsultasikan ke dokter kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut seperti tes penunjang analisis sperma, USG, tes darah, HSG, dan sebagainya, untuk menelusuri penyebabnya.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh DA
11 Apr 2020, 22:31
Halo dok. Saat ini saya merasa agak sulit untuk bernafas, terasa seperti berat nafasnya, dan hidung saya tersumbat. Tapi saya Tidak merasakan sakit tenggorokan, batuk, ataupun demam dok.Kalau gejala seperti itu saya kenapa ya dok? ? Dan apa yang harus saya lakukan ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
12 Apr 2020, 16:01
Selamat sore DA,
Kondisi Anda bisa di sebabkan oleh beberapa penyebab, seperti alergi, infeksi bakter maupun virus, atau penyebab lainnya, jika keluhan Anda semakin parah di sertai sesak napas dan gejala lain sebaiknya Anda periksakan lebih lanjut ke dokter spesialis THT.
Salam sehat.
Dibalas oleh AR
03 May 2020, 11:01
Dok saya mau nanya, Saya seks dengan istri, istri saya selesai haid tgl 14 , lalu saya seks tgl 24 , 3-4 hari kemudian tgl 27 istri saya Mens, Apakah bisa hamil Dok, Tapi saya 2kali ejakulasi di luar vagina dok? Dan sudah 1minggu istri saya mens, apa bisa hamil dok, tidak ya???? Makasih...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
03 May 2020, 19:28
Hi, AR.
Tidak akan terjadi kehamilan karena istri Anda sudah 2x mens sejak terakhir kali Anda melakukan hubungan badan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir.
Salam sehat.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hamil di luar nikah sering terjadi akibat masalah keluarga

Kenali Faktor Penyebab Hamil di Luar Nikah yang Perlu Orang Tua Ketahui

Hamil di luar nikah perlu diwaspadai oleh orang tua yang memiliki anak remaja. Umumnya hamil di luar nikah terjadi akibat hubungan keluarga yang buruk.