Flek coklat apakah tanda kehamilan?

AN Info Penanya: AN, Wanita, 1 Tahun
Dok, saya mw tanya kemaren saya lepas KB suntik 3 bln terakhir bln 11 nah smpe bln 3 ni .awal bln 4 saya terkena flek coklat selama 4 hari..kemaren sebelum saya nge flek saya pernah tespek tpinhasilnya negatif...ngeflek itu tanda apa ya dok..hamil atau gimana
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, A. 

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Flek coklat merupakan flek yang sering dialami oleh setiap wanita. Flek ini biasanya mucul saat di akhir menstruasi atau di pertengahan siklus menstruasi. Tetapi, bisa juga muncul di awal menstruasi. Itu merupakan hal yang normal. Ada beberapa penyebab munculnya flek coklat.

Penyebab munculnya flek coklat, yaitu:

  • Stres.
  • Kehamilan.
  • Perimenopause.
  • Efek samping dari kontrasepsi (KB suntik, pil KB, IUD).
  • Infeksi.

Flek coklat yang Anda alami ini kemungkinan penyebabnya adalah karena efek samping dari KB suntik. KB suntik memberikan efek menstruasi yang tidak teratur dan kadang disertai keluarnya flek-flek coklat. Itu hal yang wajar terjadi dan tidak perlu dikhawatirkan. Walaupun Anda sudah berhenti KB, tapi tidak menutup kemungkinan untuk efek KB ini masih ada. Flek coklat ini juga bukan merupakan tanda kehamilan. Karena jika Anda hamil, hasil testpack seharusnya positif. 

Jika flek coklat ini masih terus menerus berlangsung sampai beberapa minggu ke depan, maka saya sarankan untuk Anda melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan agar diperiksa lebih lanjut. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengetahui masa subur adalah salah satu cara cepat hamil yang perlu Anda lakukan

Berbagai Cara agar Cepat Hamil yang Perlu Anda Ketahui

Kehamilan harus direncakan dengan matang. Beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk merencanakan kehamilan, antara lain memahami siklus menstruasi dan masa ovulasi, menerapkan pola hidup sehat, dan frekuensi seks yang cukup.