Kapan kehamilan bisa terjadi?

AS Info Penanya: AS, Wanita, 1 Tahun
Halo dok,melakukan hubungan berpakaian lengkap tetapi laki laki tersebut mengeluarkan air mani ,apakah menyebabkan kehamilan??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, AS.

Kehamilan akan terjadi apabila sel sperma dari pria berhasil membuahi sel telur dari wanita pada saat penetrasi. Sel telur yang telah dibuahi akan berkembang menjadi embrio, dan dari masa ke masa selama kurang lebih sembilan bulan akan dipersiapkan untuk menjalani kehidupan di luar rahim.

Tanda-tanda hamil adalah sebagai berikut:

  • Terlambat haid, dan tidak haid sampai melahirkan
  • Mual dan muntah, terutama pada pagi hari
  • Perut dan payudara membesar
  • Menginginkan makanan tertentu atau craving
  • Suasana hati yang berubah-ubah atau moodswing

Terkait pertanyaan Anda mengenai hubungan berpakaian lengkap, seorang pria dan wanita tidak akan bisa mengenakan hubungan apabila mengenakan pakaian lengkap. Untuk melakukan penetrasi, penis harus masuk ke vagina. Itu berarti saat melakukan hubungan, kedua pihak harus tidak menggunakan celana.

Apa yang Anda ceritakan tentang laki-laki mengeluarkan air mani, diasumsikan bahwa laki-laki tersebut berejakulasi di dalam celana dengan pakaian lengkap. Jika benar seperti itu maka kemungkinan kehamilan akan sangat kecil; karena untuk membuat kehamilan pada kasus Anda, sel sperma harus menembus celana dalam dan celana luar pihak lelaki, kemudian berjalan ke celana luar dan masuk ke celana dalam wanita. Idealnya, sperma tidak mampu melakukan gerakan seperti itu.

Apabila belum siap untuk hamil, sebaiknya berdiskusi dengan dokter spesialis kandungan untuk memilih kontrasepsi yang tepat sebagai pencegahan kehamilan. Dan jangan lakukan hubungan di luar nikah, selain dengan pasangan resmi Anda.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh AS
08 Apr 2020, 13:40
Dok jika laki laki tersebut mengeluarkan air mani tersebut di dalam celananya ,dan menempel pada punya wanita tetapi wanita tersebut memakai celana apakah bisa hamil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
11 Apr 2020, 01:01
Selamat Malam, AS.
Jika tidak dilakukan penetrasi, maka petting tersebut memberikan kemungkinan yang sangat kecil untuk kehamilan, kendati tidak dapat dipastikan 100%. Ada baiknya untuk menghindari aktivitas tersebut apabila belum siap dengan kehamilan, atau menggunakan alat kontrasepsi bagi pasangan suami istri.
Salam sehat
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pertumbuhan janin terhambat (PJT) bisa diantisipasi melalui pemeriksaan kehamilan secara rutin

Apa Saja Kondisi Ibu Hamil yang Jadi Penyebab Janin Tidak Berkembang?

Intrauterine Growth Restriction (IUGR) atau yang dikenal dengan Pertumbuhan Janin Terhambat (PJT) disebabkan oleh janin yang tidak mengalami pertumbuhan sesuai usia kandungan ibu dan mengakibatkan berat badan bayi lahir rendah.