Dampak kuret pada kehamilan selanjutnya

NA Info Penanya: NA, Wanita, 25 Tahun
Dok, bagaimana dengan ibu hamil yang pernah kuret 3tahun lalu, apakah ada dampaknya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, NA.

Kuret merupakan prosedur tindakan yang bertujuan untuk mengambil jaringan di dalam rahim. Tujuan dari tindakan kuret umumnya untuk membersihkan sisa jaringan pada rahim pasca mengalami keguguran, keperluan biopsi, dan penanganan kondisi medis lainnya.

Prosedur tindakan kuret umumnya dilakukan untuk kepentingan diagnosa penyakit dan menjadi suatu bentuk penangan bagi kondisi medis tertentu, seperti, keguguran, hamil anggur, plasenta yang tersisa pasca proses persalinan, polip rahim dan polip serviks.

Walaupun dianggap relatif aman, namun terdapat beberapa risiko dan komplikasi dari prosedur kuret. Beberapa diantaranya adalah :

  • luka yang menyebabkan perdarahan pada mulut rahim
  • perforasi atau lubang pada rahim
  • infeksi rahim yang juga jarang terjadi
  • terbentuknya jaringan parut pada dinding rahim (sindrom Asherman) yang dapat terjadi namun tidak banyak kasus yang ditemui

Terkait dengan pertanyaan Anda, apabila pasca dilakukan prosedur tindakan kuret Anda tidak mengalami keluhan yang bermakna, kemungkinan proses pemulihan pada dinding rahim telah berlangsung dengan baik. Selain itu apabila jarak dari prosedur kuret dan kehamilan cukup jauh (6 bulan), umumnya masih aman. Risiko gangguan kehamilan memang dapat terjadi pada wanita yang mengalami jaringan parut pada dinding rahim pasca kuret, tetapi kasus tersebut jarang terjadi dan selama Anda memeriksakan kehamilan secara teratur kepada dokter Kandungan Anda, risiko gangguan tersebut dapat diminimalisir.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Orangtua memiliki peran penting dalam mencegah hamil di luar nikah

Pentingnya Peran Orangtua dalam Mencegah Hamil di Luar Nikah

Baru-baru ini, Young Lex membuat pengakuan bahwa sang istri yang tengah mengandung ternyata hamil di luar nikah. Hamil di luar nikah seringkali bukanlah suatu hal yang diinginkan terutama bagi orangtua. Lantas, apa yang harus dilakukan orangtua untuk mencegahnya?