Apakah meminum pil KB yang banyak dapat menunda kehamilan?

A Info Penanya: A, Pria
saya ingin bertanya, saya kemarin berhubungan seksual dengan pasangan saya, akan tetapi terjadi komplikasi,setelah itu pasangan saya meminum pil KB andalan sekitar 4jam setelah berhubungan seksual, meminum pil kb nya itu 4 pil dan setelah 12 jam 4 pil lagi, apakah dengan itu bisa mencegah kehamilan?saya tidak tau sebelumnya pasangan saya apakah dalam keadaan ovulasi atau tidak, karena mens nya tidak teratur, dan itu merupakan minggu kedua setelah hari mens pertamanya,
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, A.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kehamilan dapat terjadi saat masa subur seorang wanita dimana sperma yang masuk melalui vagina akan bertemu dengan ovum di saluran tuba fallopi dan terjadi pembuahan. Namun, jika wanita sedang tidak dalam masa suburnya, kemungkinan untuk terjadinya kehamilan sangat kecil. Masa subur seorang wanita dihitung 14 hari dari hari pertama wanita tersebut menstruasi. Biasanya berlangsung di hari ke 14-25 dengan kondisi wanita tersebut memiliki siklus haid 28 hari. 

Keadaan yang pasangan Anda alami ini mungkin sedang dalam masa suburnya karena Anda dan pasangan melakukan hubungan intim di minggu ke 2 pasca menstruasi pasangan Anda. Sehingga untuk terjadinya pembuahan sangat memungkinkan. 

Pil KB memang dinilai dapat mencegah kehamilan. Tetapi penggunaan pil ini ada aturan pakainya. Pil KB biasanya ada 2 paket yaitu paket 21 hari atau 28 hari. Jadi, pil tersebut cukup dikonsumsi 1 pil untuk 1 hari. Sedangkan yang pasangan Anda lakukan ini sangat tidak tepat. Justru kelebihan dalam mengkonsumsi pil KB dan takutnya berakibat negatif ke tubuhnya. Sebaiknya, tindakan ini jangan dilakukan kembali dan segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk memastikan bahwa kondisi pasangan Anda dalam keadaan baik.  

Untuk mencegah kehamilan, Anda bisa menggunakan kondom, alat kontrasepsi seperti KB implan, suntik KB dll tetapi dengan konsultasi terlebih dahulu ke dokter, ejakulasi di luar vagina, dan menghindari berhubungan seks saat masa ovulasi.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Dikenal bisa mengancam kesehatan bumil dan bayinya, mirror syndrome adalah penyakit yang mesti diwaspadai.

Mirror syndrome adalah Penyakit Langka yang Serang Bumil dan Bayinya

Mirror syndrome adalah penyakit langka yang bisa menyerang ibu hamil (bumil) dan bayi yang sedang dikandungnya. Karena sangat langka, penyebab dan tingkat keparahan gejala mirror syndrome jarang disadari. Maka dari itu, kenali penyebab, gejala, dan pengobatannya sampai paham!