Apakah telat haid merupakan tanda kehamilan?

MA Info Penanya: MA, Wanita
Selat sore dok, saya mau tanya, saya telat haid 3 hari dari tanggal . Namun saya coba testpack hasilnya negative, namun saya merasa mual dan sangat ngantuk. Bagaimana ya dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, M.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Haid atau menstruasi merupakan suatu keadaan yang sering dialami oleh setiap wanita dimana wanita akan mengalami perdarahan yang keluar dari vagina selama 3-7 hari. Haid terjadi setiap 28 hari, tetapi pada beberapa wanita bisa terjadi dalam kurun waktu 21-35 hari hari. Jika menstruasi kurang dari 21 hari dan atau lebih dari 35 hari, maka dapat dikatakan gangguan menstruasi.

Penyebab terlambatnya haid bemacam-macam, yaitu:

  • Stres.
  • Kelelahan atau kecapekan.
  • Pola makan yang buruk.
  • Pil KB.
  • Kehamilan.
  • Barat badan yang tidak ideal. 
  • Penyakit tertentu: PCOS, endometriosis, peradangan panggul.

Kondisi menstruasi yang sedang Anda alami ini merupakan hal yang wajar karena penyebabnya bisa saja salah satu diatas. Jika Anda mengalami gejala mual dan sering mengantuk, itu belum tentu merupakan tanda bahwa Anda hamil. Sebaiknya, Anda lakukan testpack ulang 5 hari kemudian untuk memastikan Anda hamil atau tidak. Untuk mengatasi gejala yang Anda rasakan ini, Anda bisa melakukan tips berikut ini, yaitu perbanyak istirahat, konsumsi makanan yang bergizi terutama sayur dan buah, konsumsi jahe dan teh chamommile, olahraga ringan, perbanyak minum air putih, dan jaga berat badan agar selalu ideal. Jika tidak ada perubahan, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan langsung ke dokter spesialis kandungan.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Biasanya, wanita mengalami kram perut saat dalam masa PMS

Tips Meringankan Gejala PMS yang Datang Setiap Bulan

PMS adalah suatu proses normal dialami oleh wanita yang mengalami menstruasi. Sebagian wanita mengalami gejala PMS pada masa subur, seperti kram perut dan nyeri sendi. Mesikipun penyebab PMS belum diketahui, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi gejala PMS. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter apabila gejala PMS dirasa terlalu menganggu aktivitas.