Bagaimana proses kehamilan?

AK Info Penanya: AK
Malam dok, saya mau bertanya. Apakah bisa seorang wanita melakukan hubungan sex, lalu wanita tersebut menstruasi dan selanjutnya hamil dikarenakan hubungan sec tersebut? Mohon penjelasannya juga ttg umur sperma berapa lama dpt hidup d dalam rahim? Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, A.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Seorang wanita dapat dikatakan hamil jika wanita tersebut melakukan hubungan seksual saat masa subur. Karena saat masa subur, ovum (sel telur) sudah siap dibuahi oleh sperma. Jika sperma sudah bertemu dengan sel telur, maka akan terbentuk embrio (bakal janin) yang dimana akan menempel pada dinding rahim. Dan jika sudah menempel pada rahim (implantasi), maka akan terjadi peningkatan hormon, sehingga wanita tidak akan mengalami menstruasi. Pada umumnya, jika seorang wanita telat haid sekitar 1 minggu, bisa dilakukan testpack untuk memastikan apakah hamil atau tidak. Jadi tidak mungkin terjadi jika seorang wanita melakukan hubungan sexual, lalu menstruasi, dan hamil.

Umumnya, sperma dapat bertahan hidup di dalam rahim selama 5 hari. Jadi, sangat besar kemungkinan untuk seseorang bisa hamil. Sperma akan mati jika cairan mani mengering dan jika dikeluarkan di air yang panas, sperma juga akan mati. Tetapi, jika berada di luar dan suhu ruangan baik, sperma dapat hidup dalam beberapa menit. Untuk lebih jelasnya lagi, Anda bisa melakukan konsultasi langsung ke dokter spesialis andrologi mengenai hal ini.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala umum pada kanker ovarium adalah perut kembung.

10 Gejala Kanker Ovarium yang Sering Tak Disadari

Gejala kanker ovarium seringkali tidak disadari oleh wanita, hingga menyebabkan kondisi tersebut semakin gawat. Namun, ada beberapa gejala kanker ovarium yang dapat dirasakan secara umum seperti perut kembung, nyeri perut, siklus menstruasi yang abnormal hingga sakits saat behubungan seksual.