Apakah boleh mengonsumsi mie instan saat hamil?

MS Info Penanya: MS, Wanita, 22 Tahun
Dok saat hamil bolehkah makan mie samyang?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang MSL,

Mengonsumsi mie instan saat hamil sendiri tidak direkomendasikan, dimana sebenarnya bukan tidak boleh sama sekali tetapi baiknya tidak sering dan hanya sekedar mencicipi saja.

Mie instan sendiri mengandung garam yang cukup tinggi dimana bisa berisiko meningkatkan tekanan darah pada ibu hamil dan juga berisiko memicu gangguan atau komplikasi kehamilan yang dikenal dengan istilah preeklampsia.

Mie instan sendiri sebenarnya mengandung beberapa nutrisi yang dibutuhkan seperti karbohidrat, zat besi, kalsium, vitamin, lemak dan garam. Tetapi kadarnya dapat terlalu tinggi apalagi jika dikonsumsi dengan porsi besar dan dikonsumsi sering. Selain itu mie instan juga mengandung penyedap rasa yang bisa berbahaya bagi tubuh dimana bisa memicu sakit kepala, mual, kebas ataupun lainnya. Kandungan lain yang juga perlu diperhatikan adalah adanya zat pengawet yang ada di kandungan mie instan yang bila berlebihan dapat mengganggu kesehatan.

Mie yang ingin Anda konsumsi juga memiliki level atau tingkat kepedasan yang cukup pedas sehingga dikhawatirkan bisa memicu gangguan pencernaan yang secara tidak langsung bisa terasa mirip seperti kontraksi. Jika ingin mengonsumsi mie instan ada baiknya meracik sendiri bumbunya agar tidak terlalu tinggi garam dan juga bahan lain serta bisa menambahkan nutrisi lain seperti menambahkan sayur, telur ataupun potongan daging. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Umumnya, kebutuhan vitamin ibu hamil lebih tinggi dibanding mereka yang sedang tidak menjalani kehamilan.

Berbagai Vitamin Ibu Hamil, Mulai dari Asam Folat Hingga Kalsium

Vitamin ibu hamil tidak boleh dikonsumsi sembarangan. Semua harus sesuai takaran dan seimbang.