Kehamilan apakah bisa terjadi jika setelahnya suntik KB?

NS Info Penanya: NS, Wanita, 1 Tahun
Dok saya mau tanya terakhir saya suntik kb yg 1 bln terakhir kbnya habis tanggal 11 november.. 2 bln saya berhenti kb, januari akhir saya haid dan tanggal 4 febuari saya berhubungan intim sama suami dan sorenya saya suntik kb yg 3 bln.. Kemungkinan besar apa saya akan hamil dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NS,

KB suntik merupakan salah satu metode kontrasepsi yang bisa digunakan untuk mencegah kehamilan. KB suntik sendiri ada yang 3 bulan dan juga KB suntik 1 bulan. Jika lepas KB dalam 2 bulan, bisa memungkinkan terjadinya kehamilan. Untuk itu ada baiknya bisa memeriksakan diri jika bulan berikutnya tidak mengalami menstruasi.

Jika hubungan dilakukan sebelum penyuntikan KB suntik dan KB suntik dilakukan diluar masa menstruasi, sering kali belum memberikan kekebalan. Tetapi tidak jarang juga sering kali KB suntik memerlukan waktu beberapa bulan untuk bisa kembali subur. Jadi jika selama 2 bulan pasca lepas KB suntik belum kembali subur bisa jadi tidak hamil, tapi jika sudah kembali subur dan ada ejakulasi di dalam maka kemungkinan untuk hamil ada.

Untuk itu jika dalam 1 bulan kedepan tidak mendapat menstruasi ada baiknya bisa dilakukan pemeriksaan awal kehamilan menggunakan testpack. Periksakan juga pada dokter kandungan jika nantinya timbul keluhan seperti perdarahan diluar masa menstruasi, terlambat haid sampai lebih dari 3 bulan dan gejala lain karena bisa merupakan gangguan yang dipicu oleh efek samping metode kontrasepsi KB suntik 3 bulan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Morning after pill bukanlah obat aborsi. Cara kerjanya juga sangat jauh berbeda.

Morning After Pill, Pil Kontrasepsi "Darurat" untuk Suami-Istri

Levonorgestrel, atau yang sering disebut morning after pill, dianggap sebagai pil kontrasepsi “darurat”, yang hanya boleh diminum setelah berhubungan seksual tanpa pengaman. Pil ini tidak boleh rutin dikonsumsi.