Kenapa sudah 1 bulan tidak haid, apakah saya hamil?

V Info Penanya: V
Dok kenapa saya selama 1 bulan lebih ga haid trus pake tespek hasilnya negatif?dan tidak merasakan mual?dan daerah v sering mengeluarkan cairan putih susu namun tidak berbau dan gatal.gimana dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi V,

Terlambat haid adalah pertanda adanya perubahan pada organ reproduksi. Penyebab terlambat haid sendiri bisa beragam, bisa karena gangguan hormonal, kehamilan, stres, perubahan berat badan yang ekstrim, kehamilan, gangguan kesehatan lain seperti gangguan hormon tiroid dan beberapa penyebab lainnya.

Apabila mengalami terlambat haid tetapi tidak hamil saat dilakukan testpack maka bisa memperhatikan apakah ada kebiasaan sehari-hari yang memicu terlambat haid seperti aktivitas fisik berat, stres karena permasalahan sehari-hari, kurang istirahat dan lainnya. Jadi bisa upayakan di perbaiki kesehariannya dengan menjaga pola makan, menjaga berat ideal, istirahat dengan cukup dan baik dan mengelola stres. Jika sampai 90 hari masih tetap tidak juga haid maka perlu diperiksakan pada dokter spesialis kandungan.

Keputihan sendiri jika disertai perubahan cairan dan perubahan konsistensi dan disertai gejala lain maka merupakan adanya gangguan ataupun keputihan yang tidak normal. Penyebabnya bisa karena infeksi bakteri, jamur, parasit ataupun penyebab lain. Jadi perlu dipastikan penyebabnya dan diberikan penanganan yang sesuai. Sementara bisa jaga kebersihan organ kelamin dengan mencuci bagian kemaluan dengan air bersih dan keringkan sampai kering, hindari menggunakan sabun khusus, hindari penggunaan pembalut lebih dari 3 jam dan ganti pakaian dan pakaian dalam secara teratur. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu cara merawat miss V adalah dengan memperhatikan warna darah menstruasi yang keluar

Ini 5 Cara Merawat Miss V Saat Menstruasi dengan Tepat!

Berbeda dari biasanya, Anda perlu melakukan penyesuaian untuk merawat vagina saat sedang menstruasi. Salah satu cara merawat Miss V saat menstruasi adalah dengan rutin mengganti pembalut.