Apa bisa menyebabkan kehamilan?

ST Info Penanya: ST, Pria, 1 Tahun
Dok apakah jari yang terkena sperma kemudian memainkan vagina, apakah menyebabkan kehamailan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang ST,

Untuk terjadinya kehamilan dibutuhkan pertemuan antara sperma dan sel telur. Pertemuan ini bisa terjadi ketika Anda petting, atau melakukan coitus interuptus, karena di dalam cairan praejakulai tetap ada sperma meski dengan kadar kecil. Namun kemungkinan terjadinya kehamilan tentu lebih kecil bila dibanding dengan Anda berhubungan seksual langsung dan melakukan penetrasi penis di dalam vagina dan ejakulasi di dalam vagina.

Perihal jari yang terkena sperma dan menyentuh vagina, maka tetap saja bisa terjadi kehamilan, karena sperma bisa bertahan hidup 20-60 menit pada suhu ruangan, dan bila Anda menyentuh vagina pasangan, masih tetap ada kemungkinan sperma masuk ke dalam vagina, dan terjadi kehamilan.

Sebaiknya Anda menggunakan kondom saat berhubungan seksual bila ingin menunda kehamilan, atau pasangan menggunakan KB agar lebih aman.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kutil kelamin merupakan gejala HPV yang muncul dua hingga tiga bulan setelah virus terjadi.

Kapan Seseorang Bisa Mengalami Gejala HPV Setelah Tertular?

HPV adalah penyakit yang menular lewat hubungan seksual. Gejala HPV tidak muncul segera, namun muncul semacam kutil di area kemaluan atau disebut kutil kelamin.