Apakah gejala kehamilan muda?

SU Info Penanya: SU, Pria, 24 Tahun
Selamat pagi dok .Dok saya ingin bertanya.Sehari sebelum haid, tepatnya tgl 19 agustus saya melakukan hubungan intim dan tgl 20nya keluar darah dari vagina saya, tapi itu hanya 2 hari dok , besoknya berhenti.Dan setelh berenti saya melakukan hubungab intim lagi, Apakah saya hamilSekarang ini saya merasakan mual dan muntah kram perut dan semu anggota tubuh saya pada nyeri dan pegal2.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam N,

Apabila setelah menstruasi kembali melakukan hubungan seksual kemungkinan hamil bisa terjadi dan perdarahan yang hanya 2 hari bisa merupakan tanda hamil juga. Bisa timbul berupa flek cokelat, jika perdarahan yang cukup deras seperti haid tapi berlangsung singkat bisa merupakan gangguan menstruasi.

Untuk memastikannya perlu dilakukan pemeriksaan salah satunya bisa dilakukan pemeriksaan tes kehamilan menggunakan alat testpack yang bisa dilakukan mandiri dan juga murah.

Beberapa tanda hamil lain yang bisa timbul diantaranya adalah:

  • Mual dan muntah di pagi hari atau disebut morning sickness
  • Nyeri perut bawah
  • Kelelahan 
  • Rasa tidak nyaman atau payudara terasa lebih sensitif
  • Lebih mudah emosi atau suasana perasaan yang lebih cepat berubah

Tanda awal kehamilan sendiri sering kali bisa mengecoh dengan gejala premenstrual sindrom. Untuk itu perlu dipastikan dengan pemeriksaan. Tidak jarang juga bisa timbul mual dan muntah karena penyebab lain seperti gangguan pencernaan, pola makan yang tidak baik, asupan makan yang kurang terjaga.

Untuk itu perlu juga memperhatikan pola makan, asupan makanan, dan upayakan menjaga pola hidup yang sehat terutama tidak hanya menjaga kesehatan fisik saja tetapi juga menjaga kesehatan mental atau pikiran. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Peran dan fungsi endometrium pada tubuh wanita sangat penting karena terkait dengan proses reproduksi

Pentingnya Peran dan Fungsi Endometrium dalam Tubuh Wanita

Tahukah Anda bahwa peran dan fungsi endometrium pada tubuh wanita sangat penting karena berkaitan erat dengan proses reproduksi? Baca selengkapnya di sini!