Kehamilan saat masih perawan

AJ Info Penanya: AJ, Pria, 1 Tahun
Dok mau tanya?Kalau wanita yang masih perawan,tapi ada cairan sperma yang masuk di vagina,apa itu bisa menyebabkan kehamilan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AJ,

Definisi keperawanan sendiri sangatlah beragam, dimana bisa beragam tafsiran mengenai hal tersebut dan tidak jarang berkaitan dengan selaput dara. Apabila terjadi kehamilan berarti ada sel sperma yang membuahi. Sperma tersebut bisa masuk apabila terjadi adanya ejakulasi didalam vagina ataupun disekitar vagina. Bisa terjadi salah satunya kehamilan tanpa penetrasi jika melakukan aktivitas seksual seperti melakukan petting.

Apabila sperma masuk dengan cara lain seperti:

  • Penetrasi alat kelamin pria ke dalam kelamuan
  • Terbawa pada tangan yang terkena cairan ejakulasi
  • Ataupun pembuahan buatan

Hal tersebut mungkin bisa menyebabkan kehamilan dari yang kemungkinannya kecil sampai yang lebih besar. Jika ada benda yang masuk kedalam vagina bisa saja dikatakan tidak lagi perawan walaupun belum melakukan hubungan seksual.

Sel sperma sendiri juga tidak bisa bertahan hidup lama udara ataupun di permukaan jadi jika sampai terjadi kehamilan perlu dipastikan terlebih dahulu, bisa dengan pemeriksaan testpack ataupun dipastikan dengan pemeriksaan USG.

Untuk itu perlu berhati-hati dan lebih waspada jika melakukan aktivitas seksual terlebih jika belum siap hamil. Dapat menggunakan pengaman seperti kondom untuk mencegah kehamilan yang juga bisa membantu mencegah penularan penyakit menular seksual. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Umumnya, kebutuhan vitamin ibu hamil lebih tinggi dibanding mereka yang sedang tidak menjalani kehamilan.

Berbagai Vitamin Ibu Hamil, Mulai dari Asam Folat Hingga Kalsium

Vitamin ibu hamil tidak boleh dikonsumsi sembarangan. Semua harus sesuai takaran dan seimbang.