Kehamilan lebih dari 9/10 bulan, apa penyebabnya?

R Info Penanya: R, Wanita, 18 Tahun
Apa penyebab kehamilan lebih dari 9 atau 10 bulan dok? , bibi saya sudah check up ke dokter awalnya perkiraan dokter lahir bulan agustus kemarin, tapi setelah bulan agustus berlalu bibi saya check up lagi, dokter kandungan bilang prediksi kelahiran sekitar awal oktober mendatang, kehamilan bibi saya sudah memasuki bulan ke 10 atau sebelas, mohon penjelasannya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, R

Terima kasih atas pertanyaannya.

Kehamilan lebih dari 42 minggu disebut post term pregnancy bisa terjadi pada 10% kehamilan. Faktor penyebabnya bila ini adalah kehamilan pertama atau memilki riwayat kehamilan post term juga sebelumnya. Faktor genetik / keturunan memilki peran pada kehamilan ini. Tapi sebaiknya dipastikan dulu hari pertama haid terakhirnya apakah sudah betul perhitungannya. Berikut artikel mengenai cara perhitungan usia kehamilan yang bisa dibaca.

Konsultasikan dengan Dokter Spesialis Kandungan untuk mengatasinya. Karena ada beberapa resiko terhadap bayi dan ibunya. Pada bayi bisa berbahaya, dari malnutrisi sampai dengan kematian. Kemungkinan cairan ketuban sudah dipenuhi meconium karena pencernaannya sudah aktif. 

Resiko pada ibunya seperti kesulitan saat persalinan dari cedera pada organ kandungan sehingga kemungkinan perlu dilakukan operasi SC untuk melahirkannya. 

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kejang pada masa kehamilan merupakan kondisi serius yang bisa membahayakan ibu dan bayi.

Penanganan Kejang pada Ibu Hamil yang Perlu Anda Ketahui

Kejang selama kehamilan adalah kondisi akibat kenaikan tekanan darah tinggi yang menyebakan kejang. Kondisi ini berbahaya karena pasokan oksigen ke janin alami penurunan.