Kehamilan Ektopik, bagaimana gejala dan tatalaksananya

SG Info Penanya: SG, Pria, 2019 Tahun
Salam sejahtera dok. Saya mau tanya dok apakah hamil ektopik bisa di ketahui di usia telat mens 2 bulan dan berapa biaya operasi jika dinnyatakan positif hamil ektopik? Dan apakah masih bisa hamil lagi dok. Terimakasih saya tunggu jawabannya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SG

Kehamilan ektopik bisa didiagnosa sejak awal. Setelah tidak mens 2 bulan kemudian hasil tes pack positif, selanjutnya baiknya diperiksa oleh Dokter Kandungan. Pemeriksaan ultrasound (USG) akan menunjukkan kondisi rahim. Bila kantung kehamilan bukan di rahim maka dapat didiagnosa kehamilan ektopik. Biasanya lokasi kehamilan terdapat di saluran tuba.

Sel telur yang telah dibuahi tidak dapat hidup diluar rahim, sehingga jaringan tersebut perlu diambil untuk mencegah komplikasi berat. Bila usia kehamilan masih muda dan saluran tuba fallopi belum rusak bisa diberikan obat tertentu. Pada kasus lain akan memerlukan operasi.

Biaya operasi akan ditentukan dari teknik yang digunakan dan beratnya kondisi pasien. Setelah kehamilan ektopik, kemungkinan untuk hamil kembali masih ada. Biasanya anda harus menunggu 3-6 bulan sebelum mencoba lagi. Sebaiknya anda diskusi dengan Dokter Spesialis Kandungan anda untuk mengetahui pilihan tatalaksananya.

Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jika golongan darah ibu dan janin berbeda, anemia pada janin bisa terjadi.

Ibu dan Janin Beda Golongan Darah Bisa Bahaya! Ini Alasannya

Perbedaan golongan darah antara ibu hamil dan janin, mungkin belum dianggap sebagai suatu kondisi yang perlu jadi perhatian selama ini. Padahal, jika tidak ditangani, bayi di dalam kandungan bisa mengalami berbagai komplikasi berbahaya.