Kehamilan di atas 25 minggu menyebabkan pembengkakan jantung

KH Info Penanya: KH, Wanita, 31 Tahun
Salam Dok,Saya mengalami pembengkakan jantung pada saat kehamilan bulan ke 7 (bulan Maret 2019). Itu adalah diagnosa dokter yang ada disini. Ini adalah kehamilan pertama saya. Apakah pembengkaan ini bisa disembuhkan dan apakah masih bisa hamil lagi?Apa obat dan makanan penunjang untuk kesehatan jantung saya? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu K,

Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan pembengkakan pada jantung antara lain :

  • Penyakit jantung bawaan
  • Melemahnya otot jantung
  • Hipertensi (Tekanan darah tinggi)
  • Rusaknya katup jantung
  • Obesitas dan kurang olahraga

Secara normal, pada kehamilan diatas 25 minggu dimana berkembangnya janin yang menyebabkan pembesaran rahim sehingga mendorong jantung kearah atas bisa saja disalah artikan sebagai pembesaran/pembengkakan jantung.

Untuk memastikan bahwa seseorang menderita Pembengkakan jantung diperlukan beberapa Pemeriksaan penunjang seperti : Foto Rontgen Thoraks, EKG, ECG, Pemeriksaan Darah, selain dari gejala-gejala fisik yang dikeluhkan seperti sesak dan kebiruan pada bibir, tangan dan kaki sering dingin, berdebar-debar, kaki bengkak, dll.

Untuk Ibu hamil tidak dianjurkan melakukan pemeriksaan Rontgen karena resiko terhadap bahaya radiasi pada janin.

Saran kami untuk konsultasikan secara rutin dan mendalam dengan Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan yang menangani Ibu saat ini. Kontrol secara rutin setiap 1 bulan sekali atau bila dirasakan keluhan seperti sesak napas, tangan dan kaki terasa dingin dan kebiruan, bibir terasa dingin dan kebiruan, berdebar – debar sebaiknya langsung mencari Dokter atau Rumah sakit terdekat.

Bila benar ada pembengkakan pada jantung yang tidak normal, maka Ibu dan Bayi harus dalam pengawasan ketat dari Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, sampai saatnya melahirkan.

Untuk rencana kehamilan berikutnya, dan keperluan penegakkan Diagnosa Penyakit Jantung lebih lanjut, sebaiknya nanti dikonsultasikan dengan Dokter Spesialis Penyakit Dalam atau Dokter Sepsialis Penyakit jantung dan Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan  setelah proses melahirkan saja.

Tetaplah makan makanan bergizi dan berolah raga ringan seperti berjalan kaki 15 sampai 20 menit dalam sehari untuk mempersiapkan kelahiran nanti.

Semoga Ibu dan bayi tetap sehat sampai saatnya melahirkan.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Saat mengalami varises, vena dapat terlihat menonjol atau berliku-liku

Temukan Penyebab Varises dari Faktor-faktor Risikonya

Varises adalah kondisi pembengkakan dan pembesaran pembuluh darah vena, biasanya di kaki dan tungkai. Penyebabnya adalah kurang olahraga, jarang bergerak, kehamilan, dan obesitas.