Apakah hubungan badan tiap hari aman?

W Info Penanya: W, Wanita, 1 Tahun
selamat pagi dokter..saya ingin bertanyaamankah bagi kesehatan jika setiap hari berhubungan??dan apakah air sperma yg d hasilkan tidak bagus utk dibuahi??terima kasih❤❤
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang W,

Hubungan badan adalah kegiatan yang tidak hanya bertujuan untuk proses reproduksi tetapi juga berpengaruh pada pada hubungan kehidupan suami istri. Melakukan hubungan badan setiap hari sebenarnya tidak menimbulkan bahaya pada kesehatan tetapi hal ini bisa berpengaruh pada kualitas sperma. Sperma sendiri sebenarnya diproduksi setiap harinya tetapi untuk mencapai kematangan dan jumlah yang optimal ada baiknya melakukan jeda dalam berhubungan seksual.

Apabila sudah menginginkan kehamilan ada baiknya melakukan hubungan seksual lebih intens pada masa subur. Dimana 2-3 hari sebelum memasuki masa subur sudah memulai melakukan hubungan seksual dan bisa lebih optimal jika pria tidak melakukan hubungan seksual dan tidak berejakulasi 2-5 hari sebelumnya.

Apabila nantinya lebih dari 1 tahun menikah tetapi belum juga hamil, maka perlu dilakukan pemeriksaan pada dokter baik pria dan juga wanita. Dimana pada pria akan dilakukan pemeriksaan seperti misalnya analisa sel sperma dan wanita juga akan dilakukan pemeriksaan organ reproduksi untuk menilai ada tidaknya gangguan yang bisa menghambat proses reproduksi.

Perhatikan juga siklus menstruasi dan masa subur Anda agar bisa segera mendapatkan kehamilan. Jaga juga berat badan ideal dan asupan nutrisi agar menyiapkan tubuh untuk hamil nantinya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Meski risikonya lebih rendah, seks oral tetap berpotensi menularkan penyakit menular seksual

Penyakit Menular Seksual Ini Sering Tertular Melalui Seks Oral

Meski dapat meningkatkan gairah, seks oral nyatanya bisa memiliki risiko penyakit menular seksual. Oleh karena itu, Anda tidak boleh meremehkan risiko penyakit menular seksual akibat seks oral begitu saja.