16 Sep 2021, 22:57Gigi & Mulut

kegunaan slicing gigi

O
Info Penanya: O0
Dokter, saya ingin memasang behel, tapi dokter gigi saya bilang kalau harus ada gigi yang diclicing agar gigi bisa terlihat rapi. Namun, teman saya yang pasang behel dan melakukan slicing gigi, tapi tidak ada pergerakan dari gigi lainnya sehingga menjadi lubang. Pertanyaannya, apakah benar, slicing gigi menjadi salah satu tindakan untuk merapihkan gigi?
669 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lizsa Oktavyanti
(0)
Selamat malam, OGigi rata dan rapih adalah impian semua orang, teutama wanita. Gigi selain untuk menunjang penamilan, sangat penting untuk menghancurkan makanan, dan membantu pengucapan. Cara untuk merapihkan gigi dari tahun ke tahun semakin banyak dan baru jenisnya, seperti dengan slicing dan behel.

Slicing gigi

Slicing gigi adalah memberi ruang pada gigi dengan cara mengikirnya atau pengasahan. Diberi ruang disekitar gigi agar gigi memiliki tempat untuk bergeser. Slicing gigi biasanya dilakukan pada pemasangan behel atau kawat gigi tanpa mencabut gigi, atau pada pemasangan aligner yang biasa disebut perata gigi.

Keefektifan slicing gigi untuk merapihkan gigi :

Dengan melakukan slicing, gigi memiliki ruang untuk bergerak, sehingga gigi dapat bergeser dan menjadi lebih rapih posisinya. Selain itu, ada beberapa kasus dapat mengurangi gigi yang maju atau tonggos.

Dampak dari slicing gigi

Slcing diperbolehkan dilakukan, asal dilakukan oleh dokter yang sudah berpengalaman. Slicing gigi memang memberikan ruang gigi untuk bergerak merubah posisi, namun apabila dilakukan terlalu dalam ada beberapa hal yang akan terjadi, seperti;
  • Slicing gigi dilakukan pada laisan terluar gigi, yaitu email, email ini yang melindungi gigi, apabila di lakukan terlalu tebal akan menyebabkan lapisan gigi dibawahnya terlihat. Sehingga menyebabkan gigi menjadi sensitif dan mudah terasa nyeri atau ngilu.
  • Karena lapisan email yang terbuang, gigi akan lebih mudah keropos, karena kehilangan pelindungnya.
Untuk mengetahui lebih lanjut dan tindakan apa yang paling cocok untuk keadaan gigi anda, disarankan untuk berkonsultasi pada dokter gigi.Semoga membantu.Salam sehat,dr. Lizsa
kesehatan gigitren kesehatankawat gigi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil