Kegunaan Obat dan cara meminum obat

MO Info Penanya: MO, Wanita, 20 Tahun
Dok,saya ingin bertanya.Apa kegunaan obat Paracetamol,haloperidol,trihexyphenidyl,ranitidin,dan domperidone? lalu kan setiap obat harus diminum ada yg 3 x sehari dan ada yg 2 kali sehari apakah boleh obat yg satu diminum bersamaan dg obat yg lain?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Pagi MO

Terimakasih telah bertanya di SehatQ. Saya akan membantu menjawab pertanyaan Anda.

- Parasetamol adalah obat anti piretik atau obat penurun demam. Parasetamol juga memiliki sifat analgesik atau pengurang nyeri ringan, sehingga bisa untuk mengurangi gejala nyeri ringan.

- Haloperidol adalah obat antipsikotik, biasanya digunakan untuk mengurangi gejala psikosis seperti halusinasi. selain itu dapat juga digunakan untuk mengurangi gerakan otot yang tidak terkontrol

- Trihexypenidyl adalah obat untuk mengobati gejala penyakit parkinson atau gerakan yang tidak bisa terkontrol yang disebabkan oleh efek samping obat psikiatri seperti haloperidol.

- Ranitidine dan domperidone adalah obat untuk mengurangi gejala penyakit di lambung dan menekan rasa mual muntah.

Setiap obat memiliki waktu paruh atau waktu obat mencapai titik tertinggi di darah dalam waktu yang berbeda beda, oleh karena itu dibuat aturan minum, ada yang 2x sehari ada yang 3 kali sehari tergantung waktu paruh tiap obat tersebut. 

Beberapa obat juga ada memiliki interaksi antara satu obat dan lainnya. Ada obat yang akan berinteraksi bila digabungkan dengan obat lain. Derajat interaksi obat pun berbeda beda, bisa ringan, sedang, atau berat. Disarankan untuk mengikuti aturan pakai dari dokter yang memberikan Anda obat obatan tersebut. Anda juga harus konsultasi kepada dokter yang memberikan obat kepada Anda untuk memastikan apakah ada interaksi obat yang Anda konsumsi. Dan terakhir ada baiknya Anda tidak sembarang mengkonsumsi atau membeli obat obatan dengan label merah atau biru tanpa diindikasikan oleh dokter Anda.

Semoga Bermanfaat

Salam Sehat,

dr. Sandy

 

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat asam lambung di apotik tidak hanya terdiri dari satu jenis saja, tetapi terdapat tiga macam obat asam lambung di apotik yang dapat dijumpai

Kenali Berbagai Obat Asam Lambung untuk Mengatasi Maag

Maag merupakan penyakit yang paling umum terjadi. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan obat asam lambung yang bisa dibeli bebas di apotek maupun dengan resep dokter. Obat asam lambung di apotik tidak hanya satu jenis melainkan terdapat berbagai banyak jenisnya, seperti penghalang histamin, antasida, dan sebagainya.