13 Jan 2021, 17:36Kandungan

Apa penyebab perdarahan dari vagina setelah keguguran ?

MA
Info Penanya: MA0
Assalamualaikum Salam kenal dok, Dok saya kan sempat pendarahan keguguran selama seminggu, setelah itu pendarahan berhenti, selang beberapa hari keluar darah yg alirannya deras dan perut kram seperti haid Apa mungkin itu darah haid ya dok??
253 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Waalaikumussallam, N.Perdarahan dari vagina dapat diikuti nyeri atau keram perut salah satu penyebabnya adalah keguguran. Keguguran adalah proses keluarnya jaringan janin dari rahim sebelum usia kehamilan 20 minggu. Banyak penyebab terjadinya keguguran, salah satunya kondisi rahim yang tidak baik, konsumsi obat-obatan penggugur kandungan, infeksi tokso, infeksi cacar air dan janin yang tidak berkembang.

Apa penyebab perdarahan dari vagina setelah keguguran ?

Perdarahan dari vagina setelah keguguran bisa saja merupakan sisa dari jaringan janin yang masih tertinggal di rahim. Hal ini memicu rahim untuk berkontraksi mengeluarkan sisa jaringan tersebut sehingga menimbulkan keram pada perut. Selain itu, jika terjadi ovulasi setelah keguguran, sel telur ini tidak dibuahi oleh sperma, maka proses menstruasi dapat terjadi. Perdarahan dari vagina juga dapat disebbakan oleh infeksi pada rahim seperti endometriosis dan infeksi serviks.Perdarahan yag terus menerus, terutama setelah keguguran, dilanjutkan dengan perdarahan dari vagina lagi karena sisa konsepsi atau proses menstruasi membuat wanita kehilangan banyak darah dan zat besi sehingga dapat menyebabkan timbulnya anemia. Gejala wanita dengan anemia antara lain kulit terlihat pucat, tangan dan kaki yang kebas, kelemahan pada tubuh, rasa mual, pusing dan seperti ingin pingsan. Wanita dengan anemia harus makan makanan yang tinggi kandungan zat besi seperti hati ayam, sayuran berwarna hijau, daging, dan telur. Hindari konsumsi teh setelah makan.Jika perdarahan dari vagina Anda terus berlanjut, diikuti dengan keram yang bertambah di perut, rasa lemas, segera periksa ke dokter spesilais kandungan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
menjaga kehamilanmenstruasikeguguran
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil