19 Nov 2020, 05:58Kandungan

Apakah telat haid 2 hari pasti hamil?

KO
Info Penanya: KO0
Halo doc, saya mau tanya saya sempat keguguran pertama kali di tgl 30 september. Di tanggal 23 oktober selama 7 hari. Kemudian tgl 18 november ini harusnya jadwal saya utk haid tapi telat 2 hari. Saya juga merasakan tanda" kehamilan merasa kantuk, kadang siang hari terasa mual, perut kram dan kembung, sakit punggung seperti org mau haid tapi ternyta blm haid sudah 2 hari. Pas saya tespek masih 1 garis dok. Sebelmnya 4 hari sebelm haid saya coba tespek tapi hasinya juga 1 garis. Ini bgmna ya dok?
347 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, KOTerima kasih atas pertanyaannya.Haid umumnya terjadi pada wanita pada siklus setiap 28 hari sekali ataupun 21-35 hari sekali.  Siklus haid dapat berbeda-beda pada setiap wanita tergantung pada hormon wanita tersebut.  Siklus haid dapat maju ataupun mundur 2-3 hari dari siklus biasanya dan itu hal yang normal.  Apabila siklus haid mundur hingga 3 minggu maka ada kemungkinan hormon yang tidak seimbang.  Hormon yang tidak seimbang dapat memicu gangguan siklus haid.

Penyebab hormon tidak seimbang :

  • Kelelahan, stress.
  • Emosi yang tidak terjaga.
  • Pola makan yang kurang sehat seperti makanan instan, makanan cepat saji, minuman terlalu manis, tinggi kafein serta soda.
  • Obesitas atau terlalu kurus.
  • Penggunaan KB hormonal.
  • Gangguan pada rahim.
Jika siklus anda telat 2 hari hal tersebut masih normal.  Anda dapat ulang testpack jika telat haid lebih dari 10 hari untuk memastikan apakah adanya hormon kehamilan di urin.  Pada pemeriksaan testpack yang terlalu dini dapat terjadi hasil negatif.  Sementara ini hindari stress, olahraga teratur, perbanyak minum air putih, mengurangi makanan yang tidak sehat, cukup tidur, jaga berat badan untuk membantu menyeimbangkan hormon. Apabila testpack positif atau anda telat haid hingga 3 bulan dari hari pertama haid terakhir, periksa dokter kandungan untuk penanganan lanjutan.Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
siklus haidhaidmenstruasites kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil