Keguguran tapi tes pack masih garis 2

SU Info Penanya: SU, Wanita, 26 Tahun
Pagi dok, saya telat sekitar 3 minggu lalu tespack ada garis 2, sebelumnya kondisi saya sakit, melihat hasil tespeck mmbuat saya semakin lemah dok , selang 3 hari tepatnya tgl 18 juni keluar darah ada gumpalan2 cukup banyak, masih kluar darah n berhenti tgl 24 juni, tgl 25 saya iseng tespack masih garis 2 dok, apakah sy kguguran atau hamil dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang A,

Keguguran adalah tidak berlanjutnya kehamilan akibat beberapa penyebab yang mengakibatkan kehilangan kehamian di 20 minggu awal kehamilan. Keguguran bisa ditandai dengan adanya perdarahan dari kewanitaan, diserati nyeri kram perut hebat, nyeri punggung, dan bisa disertai keluarnya jaringan dari vagina.

Penyebab keguguran

Penyebab terjadinya keguguran diantaranya adalah:

  • Masalah hormonal
  • Faktor kesehatan ibu dan kondisi gizi ibu
  • Masalah pada organ reproduksi
  • Kandungan lemah
  • Kebiasaan seperti merokok, mengonsumsi alkohol, penggunaan obat-obat tertentu
  • Adanya infeksi
  • Memiliki masalah kesehatan lain

Apabila pasca keguguran melakukan testpack, maka masih bisa positif karena hormon kehamilan masih ada di dalam tubuh dan tetap bisa terdeteksi pada urine. Biasanya baru akan negatif dan menghilang setelah 6 minggu. Jadi kondisi ini bukan menunjukan terjadinya kehamilan.

Ada baiknya bisa menunda kehamilan sampai kondisi benar-benar pulih baik fisik dan mental sebelum kembali memulai program kehamilan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab keguguran salah satunya adalah perdarahan

Tanda-tanda dan Penyebab Keguguran yang Terjadi pada Ibu Hamil

Keguguran merupakan hilangnya janin sebelum kehamilan memasuki minggu ke-20. Penyebab keguguran bisa beragam, yang pasti penting untuk diketahui agar dapat dihindari.