17 Oct 2021, 16:47Kandungan

apakah perdarahan dalam kehamilan artinya keguguran?

N
Info Penanya: N, Wanita, 21 Tahun
Halo dok , saya hamil 2 bulan . Tetapi pada tgl 15 , Oktober saya mengeluarkan darah semperti menstruasi dan gumpalan darah . Tetapi hanya berlangsung selama 1 hari . Dan hari berikutnya sudah tidak keluar lagi . Apakah saya mengalami keguguran atau itu hal yang biasa terjadi dok
132 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo N,Perdarahan yang terjadi saat hamil muda, dan berlangsung lebih dari tiga hari bisa saja merupakan abortus imminens atau ancaman keguguran. Namun jika perdarahan hanya sedikit, terjadi hanya selama 1 hari kemudian berhenti dengan sendirinya maka mungkin juga keluhan disebabkan oleh hormon kehamilan atau tanda Anda mengalami kelelahan.

Perdarahan saat hamil belum tentu keguguran

Umumnya perdarahan ringan seperti yang Anda alami tidak mengganggu kehamilan terutama jika kehamilan sudah 2bulan atau 8minggu yang arinya janin sudah dapat dilihat bentuknya dengan pemeriksana USG. Untuk itu, sebaiknya sementara hindari aktivitas yang melelahkan dan usahakan untuk lebih banyak konsumsi air putih serta istirahat.Selain itu, segera periksakan kondisi kehamilan Anda ke fasilitas kesehatan terdekat atau ke dokter spesialis kandungan agar dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti USG untuk menetukan kondisi kesehatan janin Anda. Apabila kandungan Anda tidak dapat dipertahankan, dokter mungkin akan menyarankan untuk tindakan kuretase namun jika kandungan cukup kuat Anda akan diberikan obat penguat kandungan.
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
Baca Juga :
Perdarahan keguguran
menjaga kehamilantrimester pertama kehamilankeguguran
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil