08 Sep 2021, 21:20Kandungan

Keguguran namun tespack masih positif?

OF
Info Penanya: OF0
Salam?,,Dok saya mau tanyak saya habis keguguran kurleb 1minggu ini .. Dan masih ada bercak hitam..saya respek masih garis 2 dok tapi yg atas masih samar".. Apakah ada kemungkinan hamil lagi dok..saya tidak berharap itu dok..karena saya memang berniat menggugurkan kandungan saya Mohon dijawab dok terima kasih
50 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo O,Keguguran adalah kejadian dimana luruhnya kandungan dan setelah terjadi keguguran seorang wanita tetap akan mengalami masa pemulihan atau nifas. Ada beberapa tingkat dari keguguran mulai dari abortus imminens (ancaman keguguran), abortus insipien, abortus inkomplit dan abortus komplit. Jika keguguran Anda termasuk yang insipien atau inkomplit maka mungkin bercak hitam yang keluar adalah tanda masih adanya sisa konsepsi dalam rahim yang membutuhkan tindakan kuretase agar tidak menjadi sumber infeksi.

Keguguran dan kuretase

Tindakan kuretase hanya perlu dilakukan jika dokter spesailis kandungan sudah memeriksa kondisi rahim Anda dengan USG lalu memastikan ada tidaknya sisa jaringan janin dalam kandungan Anda. Jika hasil pemeriksaan dinyatakan bersih maka Anda tidak memerlukan tindakan kuretase dan umumnya bercak akan berhenti keluar dengan sendirinya. Masa nifas merupakan masa keluarnya sisa-sisa jaringan dan juga penurunan hormon kehamilan. Tidak adanya hormon kehamilan dan tes pack negatif umumnya baru akan terjadi setidaknya 2minggu setelah keguguran. Perlu diwaspadai jika bercak hitam yang keluar dari vagina Anda justru bertambah banyak, berbau busuk, dan timbul demam, segera lakukan pemeriksaan ke dokter.
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
keguguranmasalah kehamilanflek darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil