28 Aug 2021, 11:29Kandungan

Keluar darah saat hamil, apakah keguguran?

AO
Info Penanya: AO0
Dok saya mulanya telat mens 1 bulan dan saya tes ternyata positif beberapa saat kemudian saya mengalami nyeri dibagian perut dan kekuar sedikit darah dan disusul gumpalan kecil setelah beberapa saat keluar gumpalan seperti hati ayam dan saya mengeluarkan darah selama 3hari. Apakah itu sudah keguguran dok? Dan selang 3 minggu saya cek hasil tespek positif tp garis satunya samar itu bagaimana ya dok??
114 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, ATerima kasih atas pertanyaan AndaTerlambat haid dengan hasil test pack positif, ada kemungkinan besar terjadi kehamilan. Untuk lebih memastiikannya kembali perlu dibuktikan dengan pemeriksaan dokter dan USG kandungan. Keluar darah saat hamil bisa terjadi karena beberapa penyebab.

Adapun penyebab keluar darah saat hamil adalah:

Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, untuk emmastikan apakah Anda terjadi keguguranatau tidak, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan terdekat. Terkait dengan hasil test pack, alat ini mendeteksi adanya hormon HCG pada urin ibu hamil. Hormon HCG ini mulai terdeteksi pada urin ibu hamil sejak 10 - 14 hari setelah proses pembuahan dan mencapai puncaknya pada usia kehamilan 12 minggu. Kemudian menetap dan perlahan menurun hingga bayi lahir. Sedangkan, pada seseorang dengan keguguran, maka tubuh masih memerlukan waktu agar hormon-hormon tubuh kembali stabil. Sehingga setelah melahirkan, hormon HCG masih bisa ditemukan pada urin ibu hamil hingga 4- 6 minggu paska keguguran.Segera periksakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan, lakukan istirahat tirah baring, hindair kelelehan, jaga kebersihan area kewanitaan, dan konsumsi makanan sehat bergizi.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
kehamilanpendarahankeguguranflek darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil