02 Jun 2021, 14:57Kandungan

Keguguran apa saja gejalanya?

PS
Info Penanya: PS0
assalamu'alaikum Dok saya sudah telat haid 2 bulan lalu melakukan tes hasilnya positif setalah 3 hari terjadi flek selama 4 hari dan USG usia embrio baru 7 Minggu dan tidak terdeteksi detak jantungnya dan saya diberi obat penguat kandungan serta vitamin tapi selama 5 hari masih keluar darah seperti haid berwarna hitam tapi tidak keluar gumpalan dan tanda- tanda kehamilan juga sudah tidak terasa apa saya mengalami keguguran dan apa tidak apa-apa jika tidak keluar gumpalan?
67 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, PTerima kasih aas pertanyaan AndaKeguguran atau serng disebut dengan abortus adalah kondisi saat keluarnya hasil konsepsi atau calon janin dari rahim saat usia kehamilan kurang dari 20 minggu. Keguguran terdiri dari beberapa kondisi seperti abotus imminens yaitu saat terjadi ancaman keguguran, abortus insipien yaitu saat berlangsungnya proses keguguran, abortus inkomplit yaitu saat keluarnya sebagian hasil konsepsi, dan abortus komplit yaitu keluarnya seluruh hasil konsepsi. Gejala dari keguguran ini beragam sesuai dengan kondisinya.

Secara umum gejalanya adalah sebagai beriktut:

  • Keluar flek atau bercak darah, baik disertai gumpalan ataupun tidak (tergantung kondisi kegugurannya)
  • Nyeri atau kram perut bawah
  • Nyeri punggung bawah
Terkiat dengan kondisi yang terjadi pada Anda, salah satunya bisa dikarenakan oleh keguguran. Namun, selain keguguran kondisi keluar bercak darah saat hamil muda juga bisa karena pengaruh hormonal, iritasi serviks, hamil anggur atau karena kondisi medis yang lainnya. Segeralah lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan untuk dilakukan serangkaian pemeriksaan fisik dan pemeriksaan USG kandungan serta pemeriksan penunjang lain untuk medapatkan tatalaksana yang sesuai. Lakukan istirahat tirah baring, hindari kelelahan, konsumsi makanan bergizi, minum air cukup, hindari aktivitas seksual, dan jaga kebersihan area kewanitaan.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A 
keguguranabortus imminensabortus inkomplit
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil