24 May 2021, 05:41Kandungan

Test pack positif dan keluar darah menggumpal apakah keguguran?

AD
Info Penanya: AD0
Dok saya mau bertanya sebelumnya saya sudah telat datang bulang saya tespek sudah positif, perkiraan saya sih udah 6 minggu soalnya hari pertama hid saya bulan lalu 13 april 2021, tp kemarin jam 1 pagi perut saya sakit seperti orang yg sedang datang bulan itu terus berlangsung sampai sekitar jam 5-6 pagi kemudian darah keluar dari vagina saya deras sekalin dampai saya ganti 2 pembalut dan dipembalut itu full darah, sekitar jam 8 gumpalan darah keluar ukurannya setelapak tangan saya. Digumpalan tersebut terdapat seperti daging kemudian keluar darah lg setelah saya ganti pembalut udah ga ada yg keluar lg darahnya dan rasa nyeri diperutpun hilang, pertanyaannya apakah saya keguguran dok??
52 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, ATerima kasih atas pertanyaan AndaKeguguran adalah keluarnya hasil konsepsi (janin) dari rahim pada usia kehamilan kurang dari 20 minggu. Hingga saat ini belum diketahui penyebab pasti dari keguguran namun adanya masaah genetik, beberapa kelainan seperti blighted ovum, hamil anggur dan lain sebagainya juga bisa terjadi keguguran. Gejala dari keguguran diantaranya adalah keluar bercak b, atau bahkan gumpalan dari vagina, nyeri perut hebat terutama bagian perut bawah, nyeri pada payudara, nyeri punggung dan panggul.Alat test pack mendeteksi hormon HCG pada urin ibu hamil sejak 10 - 14 hari setelah sel sperma membuahi sel telur wanita. Kadar hormon HCG ini akan terus meningkat pada tubuh ibu hamil hingga puncaknya di usia kehamilan 12 minggu. Meskipun terjadi keguguran, biasanya hormon HCG masih bisa ditemukan di urin ibu hamil hingga 4 - 6 minggu paska keguguran.

Berikut ini adalah beberapa jenis keguguran:

Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, untuk memastikan kondisi Anda segeralah lakukan pemeriksan ke dokter spesialis kandungan terdekat untuk diketahui pakaah kandungan masih bisa diselamatkan, atau tidak. Selain itu, bisa mendapatkan tatalaksana yang sesuai apakah hanya perlu obat atau perlu dilakukan tindakan kuretase bila kondisi janin tidak bisa diselamatkan. Saat ini usahakan lakukan bed rest (istirahat tirah baring), hindari stres dan kelelahan, konsumsi makanan bergizi, jaga kebersihan area kewanitaan Anda, hindari merokok dan segera periksa.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
keguguranabortus imminensabortus inkomplitabortus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil