27 Nov 2020, 23:29Kandungan

Apakah mengalami keguguran?

SA
Info Penanya: SA0
Selamat malam dok,sy mau tanya sy hamil dok usia kandungan sy 5 minggu,tapi 2hari yg lalu sy tidur tiba² malam sy mengeluarkan aer dok seperti aer ketuban pecah dan tidak lama kemudian sy pendarahan dok,,apa sy keguguran dok ?
200 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam SA,Kehamilan usia 5 minggu adalah usia kehamilan yang masih muda dan sering mengalami tanda-tanda kehamilan seperti flek darah, mual dan muntah, kram perut ringat, sensitif dengan bau, keputihan dan tanda hamil lainnya.Jika usia kehamilan baru 5 minggu, belum bisa terjadi pecahnya ketuban, karena ukuran janin juga masih sangat kecil dan kantung janin baru terbentuk. Apabila merasa keluar air, bisa juga merupakan urine. Perdarahan yang terjadi juga bisa bukan karena keguguran, tapi tetap harus diwaspadai terutama jika ada kram perut dan nyeri punggung.

Darah keguguran atau tanda kehamilan

Flek darah tersebut bisa karena perdarahan implantasi atau saat sel telur menempel di rahim. Untuk memastikannya, sebaiknya dilakukan pemeriksaan pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk dilakukan USG. Perhatikan beberapa hal berikut agar kehamilan bisa tetap berjalan baik:
  • Hindari aktivitas berat
  • Minum vitamin asam folat 400 mcg 1 kali sehari
  • Jaga asupan makanan bernutrisi
  • Jaga kebersihan organ intim
  • Kontrol kehamilan berkala
Jika flek tidak berhenti lebih dari 2 hari, darah makin deras, ada rasa sakit perut bawah, kram perut, atau sakit punggung, segera periskakan diri karena bisa merupakan ancaman keguguran. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
trimester pertama kehamilankeguguranperdarahanflek darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil