10 Oct 2020, 23:39Kandungan

Keguguran bagaimana cara merawatnya?

NA
Info Penanya: NA0
Dok saya saliha umur 20 tahun,dok kemarin saya keguguran usia kandungan saya 3-4 bulan,selama sya selesai keguguran,saya tidak melakukan kuret,nyeri yang saya rasakan sampai sekarang,penyebabnya itu apa yah dok? Cara merawat rahimnya agar tidak terjadi apa apa harus gimana dok?
289 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang NA,Keguguran tentunya hal yang menyedihkan dan menimbulkan trauma di kehamilan selanjutnya. Hal ini bisa dialami siapa saja, dan belum pasti penyebabnya, bisa saja terjadi akibat kualitas sel telur dan sperma yang tidak baik, atau adanya trauma misal jatuh terpeleset.Perihal tindakan untuk menangani keguguran sendiri tidaklah harus dilakukan kuretase. Bila usia kehamilan masih kecil, maka dokter hanya akan memberikan obat-obatan peluruh saja. Namun bila usia kehamilan sudah besar atau dengan obat-obatan peluruh masih menyisakan jaringan di dalam rahim, maka dokter akan melakukan tindakan kuretase. Karena adanya jaringan yang tertinggal di dalam rahim akan menyebabkan perdarahan dan timbul rasa nyeri di perut.Sudah berapa lama Anda keguguran dan mengalami nyeri perut? Karena bila sudah berlangsung lebih dari 2 minggu dan tetap terasa nyeri atau tetap muncul perdarahan, maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan agar bisa dilakukan USG untuk memastikan rahimnya sudah bersih atau belum.

Yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi sakit perutnya paska keguguran adalah:

  • Minum paracetamol untuk meredakan nyerinya.
  • Kompres perut yang sakit menggunakan air hangat.
  • Banyak minum air putih, karena adanya infeksi saluran kemih juga akan menimbulkan nyeri perut bawah dan nyeri ketika berkemih.
Segera lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan agar perut Anda tidak terus menerus sakit.Salam sehat,dr. Vina
keguguransakit perutkuretase
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil