Keguguran kapan bersihnya?

N Info Penanya: N, Pria, 37 Tahun
Sore dok..sy dh ikutin saran dr dokter untuk periksa ke poli kandungan Krn pendarahan selama 1bln,dokter menyarankan untuk usg dan hsilny hnya trlihat kntongnya sja kmdian dokter menyarankan jg untuk lab tes kehamilan n hsilny negative ahirny dokter blg klo sya mengalami keguguran,nah sya diksh obat mrekny regumen 2 lembar,drahny emg udh brhnti sblm sya mnum obat tp dokter menyarankan agar kmbli Lg stlh 1mggu sya blom bisa kontrol dok,skrg mlh kluar lg drahnya knp ya dok?mohon sarannya.. mksh
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang N,

USG dan tes pack adalah 2 pemeriksaan yang sering digunakan untuk menentukan suatu kehamilan pada seorang wanita. Namun bila hasilnya tidak sinkron maka akan menimbulkan kebingungan perihal kondisinya sedang hamil atau tidak seperti yang Anda alami.

Perihal kondisi Anda, maka mungkin saja Anda memang mengalami keguguran atau adanya hamil kosong (blighted ovum) sehingga hanya tampak kantong kehamilan saja tanpa terlihat adanya janin yang berkembang. Pemberian obat regumen bertujuan untuk mengontrol perdarahan Anda atau mengatur siklus haid Anda agar kembali normal.

Untuk memastikan kondisi Anda, memang diperlukan kontrol ulang terlebih bila perdarahan belum selesai-selesai juga. Mungkin diperlukan tindakan lanjutan seperti kuretase untuk menyakinkan kondisi rahim sudah bersih. Karena selama masih ada sisa jaringan di dalam rahim, maka akan terus terjadi perdarahan, meski darah yang keluar tidak selamanya banyak.

Selain itu jalankan pola hidup sehat dengan banyak makan sayur dan buah, minum air putih yang banyak, dan rutin berolahraga serta jangan stres. Dan yang utama adalah lakukan pemeriksaan USG sesuai jadwal kontrol Anda. Bila Anda kurang yakin, Anda bisa mencari pendapat lain dari dokter kandungan yang lain.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat saffron untuk ibu hamil tak lepas dari efek sampingnya.

10 Manfaat Saffron untuk Ibu Hamil

Saffron untuk ibu hamil ternyata menawarkan sederet manfaat. Sebut saja meringankan mood swing, menjaga tekanan darah, hingga mengurangi morning sickness. Namun sebelum mencobanya, kenali juga efek sempingnya, ya!