Testpack masih positif pasca keguguran

MP Info Penanya: MP
Dr. Saya pasca keguguran usi kehamilan saya 10 minggu dan janin bener2 sudh kluar tpi saya msih merasakan mual. Stlah dua mingguan sya tespack hasil'y positif apa saya hamil lg dok. Mhon penjlsan'y
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, MPP.

Keguguran atau abortus adalah kondisi keluarnya janin dari liang vagina pada usia kehamilan di bawah 20 minggu. Setelah keguguran, hormon tubuh, termasuk hormon kehamilan hCG yang terdeteksi oleh testpack, tidak seketika langsung kembali normal seperti sebelum hamil. Rata-rata wanita membutuhkan 4-6 minggu agar hormon hCG-nya kembali normal.

Oleh karena itu, hasil testpack Anda yang positif kemungkinan disebabkan oleh sisa hormon hCG pasca keguguran dan bukan kehamilan lagi. Kemungkinan kehamilannya sangatlah kecil, karena Anda pun belum mengalami haid kembali. Namun, jika ingin mengonfirmasi, Anda dapat melakukan USG rahim.

Apabila memang ternyata belum hamil, Anda dapat mempersiapkan kehamilan selanjutnya dengan melakukan pola hidup sehat agar hormon senantiasa seimbang. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan adalah:

  • Melakukan hubungan intim 2-3 kali seminggu tanpa kontrasepsi
  • Mengonsumsi makanan bergizi yang kaya akan asam folat, kalsium, zat besi, serta vitamin dan mineral lainnya
  • Rutin beraktivitas fisik atau berolahraga
  • Mengelola tingkat stres dengan baik, misalnya dengan yoga atau meditasi
  • Menghindari rokok maupun asapnya

Sebaliknya, jika Anda tidak siap untuk hamil kembali, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan kontrasepsi seperti kondom, pil, suntik, maupun implan. Apabila membutuhkan informasi lebih lanjut, Anda dapat berkonsultasi kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Positif hamil setelah haid dapat terjadi jika siklus menstruasi tergolong pendek

Mungkinkah Positif Hamil Setelah Haid? Ini Penjelasannya

Positif hamil setelah haid mungkin terjadi bila Anda memiliki siklus menstruasi yang pendek, misalnya 21 hari. Berikut adalah penjelasan mengenai kemungkinan positif hamil setelah haid dan kapan kehamilan biasanya terjadi.