Setelah keguguran kenapa testpack positif, apakah tanda hamil lagi?

NA Info Penanya: NA, Wanita, 21 Tahun
Dok sy mau tnya tgl 21 juli kmrin sy keguguran usia kandungan hampir 6 / 7 minggu dan keluar gumpalan cukup banyak dan pendarahan berhenti tgl satu kmrin. Tadi saya tespek masih positif apakah sy hamil lagi?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore NA,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Keguguran merupakan suatu keadaan dimana berhentinya kehamilan saat masih muda, biasanya terjadi kurang dari 2o minggu. Keguguran ditandai dengan keluarnya jaringan dalam rahin, sakit hingga kram perut, hingga perdarahan.

Keguguran biasanya disebabkan oleh kelainan genetik atau kelainan plasenta selain itu penyebab lainnya bisa karena menderita penyakit tertentu seperti penyakit diabetes, infeksi (toxoplasmosis, rubella, sifilis, dll), gangguan hormon seperti miom dan PCOS.

Kadar hCG (Human Chorionic Gonadotropin) adalah hormon tanda kehamilan. Selama kehamilan kadar hCG akan meningkat seiring bertambahnya usia. Saat Anda keguguran, kadar hCG setelah keguguran tidak langsung hilang akan menetap beberapa waktu hingga beberapa minggu. Jadi berdasarkan keterangan yang Anda berikan kemungkinan Anda tidak sedang hamil. Umumnya hCG akan kembali normal pada 4-8 minggu paska keguuguran. Selain hasil hCG yang masih positif, Anda juga masih merasakan gejala hamil seperti mual, nyeri di bagian perut dan payudara. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, dapat menghubungi dokter kandungan.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kandungan lemah dapat menyebabkan kelahiran prematur hingga keguguran

Memahami Kandungan Lemah, Pemicu Keguguran Hingga Kelahiran Prematur

Kandungan lemah adalah penyebab utama sering terjadinya kelahiran prematur hingga keguguran. Cegah Hal ini dengan berkonsultasi secara berkala dan makanan bernutrisi.