Setelah keguguran haid tidak teratur, apa penyebabnya?

DR Info Penanya: DR, Pria, 21 Tahun
Slamat malam dok , saya riani mau bertanya bulan 5 tadi saya mengalami keguguran usia kandungan 8 minggu . Dan skrg pasca keguguran hampir 2bulan saya belum haid dok apakah itu berbahaya ,saya belum melakukan medical cek up sama sekali dari pertama keguguran
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DR,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Setelah keguguran, sebagian wanita ada yang mengalami haid tidak teratur. Ada yang menstruasinya menjadi lebih sering, ada juga yang jadi lebih jarang atau sedikit. Bahkan sebagian wanita ada yang tidak mendapat haid selama beberapa bulan setelah keguguran.

Umumnya diperlukan waktu 1-1,5 bulan hingga menstruasi datang kembali setelah keguguran. Selain itu, periode menstruasi juga bisa lebih lama kembali stabil jika Anda mengalami keguguran saat usia kandunganmu sudah besar.

Beberapa penyebab mentruasi belum kembali teratur setelah keguguran:

  • Terdapat sisa jaringan dalam rahim
  • Gangguan pada rahim
  • Belum mengalami ovulasi
  • Kekurangan atau kelebihan berat badan
  • Mungkin sudah kembali hamil

Konsultasikan ke dokter kandungan jika Anda tidak kunjung menstruasi 1-2 bulan setelah keguguran. Untuk mencari tahu penyebab pasti dari terlambatnya menstruasi Anda. Atau lakukan testpack terlebih dahulu untuk memastikan terlambatnya menstruasi Anda bukan karena hamil. jika menstruasi sudah datang lagi, Anda sudah dapat merencanakan kehamilan kembali, setidaknya setelah satu periode menstruasi normal.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mengatasi PMS yang nyeri di perut

Cara Mengatasi PMS dengan Pola Hidup Sehat

Cara mengatasi PMS dapat dimulai dari mengubah pola hidup yang lebih sehat. Menjaga pola makan dan rutin berolahraga bisa jadi salah satu cara mengatasinya.