Test pack positif, hamil atau sisa keguguran ?

RT Info Penanya: RT, Wanita, 24 Tahun
Siang dok, tgl 18 april lalu saya keguguran spontan tanpa kuret (karna kata bidan udah bersih) di usia 6week dok. Sya mengalami pendarahan 4-5 hari dan nifas juga 3-4 hari setelah itu saya menghitung ulah siklus haid saya di kalender haid saya. Terakhir saya berhubungan dg suami pas masa subur sebelum ovulasi. akhir2 ini saya sering pusing dan prnah smpai pingsan juga. tadi pagi coba tespek ternyata positif dan garis yg sangat jelas sekali dok... apa saya hamil lgi atau krna sisa kguguran?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, RT.

Keguguran adalah terhentinya kehamilan secara spontan pada 20 minggu pertama usia kehamilan. Dalam istilah medis keguguran dikenal dengan abortus spontan. 

Adapun tanda dan gejala dari keguguran yang meliputi :

  • perdarahan dari vagina
  • nyeri dan kram yang dirasakan di bagian perut bagian bawah atau pinggul
  • perdarahan disertai keluarnya cairan dan gumpalan jaringan dari vagina

Pada beberapa kasus penyebab dari keguguran masih belum dapat dipastikan, Pada umumnya keguguran yang terjadi dalam 3 bulan pertama kehamilan disebbakan oleh keadaan janin yang tidak optimal. Sebaliknya jika terjadi keguguran diatas usia kehamilan 3 bulan umumnya dipengaruhi oleh kondisi kesehatan sang Ibu.

Mengenai pertanyaan Anda, pada dasarnya hormon kehamilan (hCG/human chorionic gonadotropin) yang dapat dideteksi keberadaannya oleh pemeriksaan test pack ini mengalami puncak kadar tertinggi dalam tubuh Ibu hamil pada usia kehamilan 8-10 minggu dan akan menurun levelnya pada usia kehamilan 20 minggu keatas. Maka apabila terjadi keguguran pada rentang usia kehamilan dibawah 20 minggu, dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk hormon tersebut menurunkan kadarnya hingga menghilang. Umumnya waktu yang dibutuhkan mencapai 4-6 minggu.

Untuk itu, keadaan test pack positif pada Anda sebaiknya di periksa ulang satu minggu kedepan karena masih belum dapat dipastikan. Atau Anda dapat memastikannya dengan pemeriksaan USG yang dapat dilakukan di dokter Kandungan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tokso adalah salah satu infeksi yang dapat terjadi pada ibu hamil

Bahaya Infeksi Tokso yang Mengintai Ibu Hamil

Tokso adalah salah satu infeksi yang dapat terjadi pada ibu hamil. Infeksi ini disebabkan oleh parasit yang ditularkan dari ibu hamil ke janinnya. Jika dibiarkan, kondisi akan sangat berbahaya bagi ibu dan janinnya.