Apakah obat dalacin menyebabkan keguguran?

EK Info Penanya: EK, Wanita, 34 Tahun
Pagi dok, saya ingin bertanya apakah obat dalacin vaginal ovule bisa menyebabkan keguguran? Usia kandungan saya bulan lalu saat menggunakan obat itu adalah 7 minggu, dan 3 hari setelah setelah menggunakan obat itu saya keguguran. Terima kasih untuk jawabnnya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, E.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Dalacin vaginal ovule merupakan obat berkonsistensi padat yang dimasukan ke dalam vagina. 

Obat ini berisi antibiotik clindamycin dan penggunaannya sendiri untuk mengobati infeksi bakteri pada vagina atau istilah medisnya vaginosis bakteri. Vaginosis bakteri merupakan salah satu penyakit infeksi pada organ vagina yang disebabkan oleh bakteri. Gejala yang ditimbulkan yaitu keputihan yang tidak normal, bau busuk pada vagina, gatal, dan rasa terbakar di vagina. 

Obat ini tidak direkomendasikan pemakaiannya bagi wanita yang sedang hamil. Untuk itu, kondisi keguguran yang Anda alami ini kemungkinan penyebabnya bisa karena pengaruh dari obat dalacin. Namun, bisa saja akibat dari infeksi bakteri di vagina. Untuk memastikannya, saya sarankan Anda melakukan konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter kandungan. Sehingga dapat diperiksa dan diberikan penanganan yang tepat.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat penguat kandungan biasanya diresepkan oleh dokter

Obat Penguat Kandungan Ini Dianggap Efektif Cegah Keguguran

Untuk mencegah keguguran berulang, dokter biasanya meresepkan obat penguat kandungan bagi wanita hamil. Apa saja jenis obat ini? Benarkah obat ini efektif mencegah keguguran?