Keguguran 1 bulan lalu dan masih terasa kram, apa penyebabnya?

NS Info Penanya: NS, Pria, 19 Tahun
Haloo dok saya mau tanya, saya baru aja keguguran 1bulan yang lalu dan saya tidak di kuret karna bersih janin nya jadi tidak perlu di kuret bahkan saya tidak minum obat apa apa pun setelah keguguran, dan sampai saat ini darah nya masih keluar, dan perut saya kram dan sangat sakit dok, kalo perut kram sakit apa yang harus saya lakukan
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NS,

Kram perut adalah keluhan yang bisa timbul karena beragam hal, dimana bisa terjadi tidak hanya karena masalah kandungan. Karena organ didalam rongga perut cukup beragam terutama pada wanita, maka kram perut perlu diperhatikan lebih detil baik gejala yang menyertai ataupun apa pencetusnya.

Penyebab kram perut

Beberapa penyebab kram perut diantaranya bisa terjadi karena:

  • Masalah kandungan lain seperti kista ovarium
  • Penyakit radang panggul
  • Terdapat endometriosis 
  • Masalah pencernaan seperti peradangan usus, penyakit maag, konstipasi 
  • Masalah kandung kemih
  • Penggunaan kontrasepsi
  • Penyebab lainnya

Untuk perdarahan pasca keguguran sendiri bisa sebagai perdarahan nifas yang bisa berlangsung sekitar 42 hari. Untuk itu sebaiknya kembali kontrol dan memeriksakan diri, terutama jika perdarahan yang timbul lebih banyak atau seperti perdarahan menstruasi.

Apabila perdarahan berlebihan, sehari bisa mengganti pembalut lebih sering, timbul keluhan seperti lemas, pusing, mudah lelah, hal ini bisa diakibatkan karena kehilangan darah yang menimbulkan anemia

Upayakan untuk bisa cukup istirahat, banyak minum air putih, perbanyak makan sayur dan buah atau bisa mengonsumsi vitamin penambah darah. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menghindari konsumsi junk food dapat membantu mempercepat proses pemulihan pasca kuret

Ingin Cepat Hamil Pasca Kuret? Hindari Mengonsumsi Makanan Pantangan Ini

Agar cepat hamil, pantangan pasca kuret yang harus dilakukan adalah menghindari makanan-makanan seperti junk food, daging, makanan manis dan tinggi karbohidrat.